Sukses

BI Prediksi Pertumbuhan Kredit hingga 9 Persen

Bank Indonesia harap ada kelonggaran loan to value dapat mendorong pertumbuhan kredit pada semester II.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) memproyeksikan pertumbuhan kredit perbankan relatif rendah pada tahun ini. BI memperkirakan pertumbuhan kredit hanya di kisaran 7-9 persen.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, rendahnya target pertumbuhan kredit karena melihat pertumbuhan kredit yang rendah sampai Agustus.

"‎Kita lihat‎  bahwa pertumbuhan kredit 2016 akan ada di kisaran satu digit. Jadi satu tahun akan di kisaran 7 sampai 9 persen, sebelumnya kita perkirakan dua digit," kata di Gedung BI Jakarta, Jumat (19/8/2016).

Dia mengatakan, sampai Agustus 2016 pertumbuhan kredit  hanya sebesar 3 persen. Dia berharap, pada semester II 2016 pertumbuhan kredit akan semakin baik.

"Pertumbuhan kredit kita mengikuti bahwa year to date pertumbuhan relatif rendah ada di bawah 3 persen dan di semester ke dua karena sektor swasta sudah mulai pulih, dari konsumsi, kita harapkan swasta lebih baik," jelas dia.

BI sendiri telah membuat kebijakan untuk mendorong pertumbuhan kredit. Salah satunya, BI memberi kelonggaran pada loan to value (LTV).

"‎Kita mendorong peningkatan dengan kebijakan makroprudensial  melonggarkan LTV. Jadi  kita harapkan pertumbuhan kedit cukup baik di semester ke dua," tutur dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini