Sukses

Pedagang Sebut Harga Daging Seharusnya Turun saat Idul Adha

Dengan momen Idul Adha yang identik dengan pemotongan daging kambing dan sapi, seharusnya harga daging mengalami penurunan.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang perayaan Idul Adha harga daging sapi masih bertengger di kisaran Rp 115 ribu - 120 ribu per kilogram (kg). Tak hanya masyarakat, tingginya harga daging tersebut juga dikeluhkan pedagang.

Jatmiko (53), pedagang daging di Pasar Tegal Parang, Jakarta Selatan mengungkapkan harga daging saat ini tidak jauh berbeda dengan harga saat Idul Fitri dua bulan lalu. Hanya saja sebelum Idul Fitri harga daging sempat turun di harga Rp 110 ribu per kg.

"Dalam minggu ini harga daging tetap, tidak ada kenaikan, paling mahal jualnya Rp 120 ribu per kg, tergantung dari jenisnya saja," kata dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Sabtu (3/9/2016).

Menurut dia, dengan momen Idul Adha yang identik dengan pemotongan daging kambing dan sapi, seharusnya harga daging mengalami penurunan. "Kan daging melimpah, harusnya turun dong, ini tetap tetap saja," tutur dia.

Menurut dia, upaya pemerintah untuk melakukan intervensi pasar dengan impor daging beku harus tetap dilakukan. Selain itu, upaya peningkatan jumlah sapi potong di Indonesia harus terus berjalan.

Hal yang sama juga diungkapkan pedagang daging lainnya Eko Wahyudi (38). Dirinya sangat menyayangkan upaya pemerintah yang justru mengimpor daging kerbau, bukan lebih fokus menurunkan harga daging sapi yang ada saat ini.

"Turunkan itu dulu daging sapi, ini kok malah mengenalkan daging kerbau, yang ada nanti tambah mengurangi omset kita setiap harinya," ucapnya. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini