Sukses

5 Hal Ini Bisa Bikin Pengajuan KTA Ditolak

Ketika kamu menulis kontak yang bisa dihubungi, pastikan kamu menuliskan nomor telepon yang benar dan aktif.

Liputan6.com, Jakarta - Ketika membutuhkan dana dalam jumlah besar dan waktu yang singkat, salah satu solusi yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari bank.

Fasilitas KTA ini memiliki keunggulan utama berupa syarat yang mudah, cepatnya proses pengajuan yang biasanya di antara 3 hari hingga 2 minggu dan tidak membutuhkan jaminan.

Meskipun terdengar menggiurkan, banyak juga yang mengalami kegagalan saat pengajuan KTA. Simak beberapa hal tak disangka berikut yang menjadi penyebab pengajuan KTA gagal, seperti dikutip dari HaloMoney.co.id:

1. Kamu atau pihak yang dijadikan referensi tidak bisa dihubungi

Ketika kamu menulis kontak yang bisa dihubungi, pastikan kamu menuliskan nomor telepon yang benar dan aktif. Pastikan juga kamu mengisi nomor telepon yang benar untuk handphone, nomor rumah, atau nomor telepon kantor.

Nomor yang kamu berikan sebaiknya adalah nomer yang selalu aktif agar bank mudah menghubungi kamu untuk verifikasi data.

Baca juga: 5 Macam Kebiasaan Boros yang Tidak Disadari Sehari-Hari

2. Ada tunggakan cicilan kredit lain

Kalau kamu memiliki kartu kredit atau pinjaman lain seperti KPR dan kamu sedang memiliki tunggakan, pastikan agar kamu melunasinya.

Tunggakan pinjaman memberikan kamu reputasi yang kurang baik di mata bank karena mereka akan khawatir jika kamu sering menunggak cicilan pembayaran KTA.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dokumen tidak terbaca

3. Ada dokumen yang tidak jelas/tidak terbaca

Biasanya saat mengajukan KTA, kamu akan diminta untuk melampirkan dokumen tertentu seperti KTP atau slip gaji. Jika kamu menggunakan fotokopi atau mengirim foto dari dokumen tersebut, pastikan agar tulisan di dokumen tersebut dapat terbaca dengan jelas semuanya.

4. Kamu memalsukan data tertentu

Ini merupakan hal fatal yang bisa menjadi penyebab utama aplikasi KTA kamu ditolak. Kamu dilarang keras memalsukan seluruh data, informasi, dan lampiran dokumen yang kamu ajukan dalam aplikasi KTA. Pastikan bahwa seluruh data yang diberikan kepada bank adalah benar dan apa adanya. 

Baca juga: 5 Tips dan Cara Pengajuan KTA yang Mudah Dilakukan Siapa Saja!

5. Punya rekam jejak kredit yang tidak baik

Salah satu pertimbangan utama bank sebelum meluluskan aplikasi KTA kamu adalah sejarah kredit kamu melalui proses yang disebut BI Checking.

BI Checking berisi sejarah dan riwayat kredit kamu baik kepada lembaga bank maupun non-bank. Agar memiliki rekam jejak kredit yang baik, pastikan agar kamu selalu disiplin dan melunasi tagihan kredit tepat waktu. 

Baca juga: 4 Pelajaran Keuangan Berharga dari Olimpiade Rio 2016!

Jika sudah mengerti mengapa pengajuan KTA kamu bisa gagal, saatnya persiapkan diri dan cobalah ajukan kembali.

Untuk menekan biaya KTA sehemat mungkin, kamu perlu mencari produk KTA yang tepat sesuai kebutuhan kamu. Gunakan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya. (Gdn/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.