Sukses

KEIN: Ekonomi Desa Mesti Tumbuh Tinggi dan Berkualitas

Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi desa yang tinggi, berkualitas dan berkelanjutan mesti memenuhi beberapa hal.

Liputan6.com, Jakarta Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) mengembangkan Program Desa Emas guna meningkatkan perekonomian di desa. Adapun kunci pengembangan perekonomian di desa ialah tumbuh tinggi, berkualitas dan berkelanjutan.

Ketua Pokja Industrialisasi Pedesaan KEIN Aries Muftie mengatakan, untuk mencapai pertumbuhan yang tinggi, berkualitas dan berkelanjutan mesti memenuhi beberapa hal.

"Kalau bicara tumbuh berkualitas tentu tidak miskin, seperti Malaysia angka kemiskinan di bawah 1 persen, kalau bisa nggak menganggur. Thailand di bawah 1 persen, dan kalau bisa gini ratio 0,3 seperti era Pak Habibie 1999. Sekarang 0,4," kata dia dalam Seminar Nasional ISEI di Bank Indonesia Jakarta, Kamis (15/9/2016).

Kemudian, dia mengatakan perlunya meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di desa. Saat ini, sebanyak 67 persen merupakan lulusan SD dan SMA.

"Kedua orientasinya ke people itu adalah S2 SD dan SMP yang 67 persen," ujar dia.

Kemudian, dia mengatakan mesti memberikan perhatian dari sisi pekerjaan. Sebab dengan penyediaan pekerjaan bisa menahan orang-orang untuk tidak meninggalkan desa.

"Ketiga pekerjaannya, karena selama ini bergerak di pertanian kalau diubah menjadi kreatif maka impor pangan. Nggak bisa dididik pindah ke kota. Saat ini 60:40, berapa tahun lagi 50:50. Pak Jokowi mengatakan bisa 60:40," tandas dia.(Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.