Sukses

6 Hal Ini Bisa Buat Anda Bangkrut Saat Pakai Kartu Kredit

Jika menggunakan kartu kredit dengan tidak bijak, hal ini hanya akan menjadi bumerang bagi Anda

Liputan6.com, Jakarta - Kartu kredit telah menjadi pilihan favorit bagi banyak orang. Proses pembayaran melalui kartu kredit membuat Anda bisa dengan mudah membeli barang yang diinginkan. Selain itu, tidak jarang juga kartu kredit memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya.

Jika menggunakan kartu kredit dengan bijak, alat pembayaran ini akan mampu membantu Anda. Namun jika tidak, penggunaan kartu kredit ini hanya akan menjadi bumerang di kemudian hari.

Bagi Anda yang memiliki kartu kredit, sebaiknya ingatlah beberapa hal ini. Selain bisa membuat Anda lebih mengerti tentang penggunaan kartu kredit, enam hal ini juga bisa menghindari Anda terjerat hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut ulasannya seperti dilansir dari thebalance.com, Sabtu (17/9/2016):

1. Selalu membayar dengan jumlah minimum

kartu kredit bisa berbahaya apabila setiap bulannya, dan Anda selalu membayar cicilan dalam jumlah minimum saja. Perlu diketahui bahwa dengan membayar minimum, lama kelamaan jumlah tagihannya bisa saja menjadi bertambah karena adanya bunga dan biaya lainnya.

2. Tidak tahu fitur kartu kredit

Kartu kredit memiliki hal yang berbeda dalam menentukan harga dan manfaatnya. Hal-hal tersebut seperti suku bunga, biaya tahunan, dan lain-lain. Sebagai pengguna, penting untuk Anda untuk mengetahui hal ini dengan baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Meminjamkan kartu kredit ke orang lain

3. Meminjamkan kartu kredit ke orang lain

Meminjamkan kartu kredit ke orang lain hanya akan membahayakan kondisi finansial Anda. Apabila Anda meminjamkan kartu kredit ke orang lain maka Anda pun tidak akan memiliki kewenangan atas kartu yang Anda miliki. Hal ini bisa membuat kartu kredit Anda dimanfaatkan secara tidak bertanggung jawab.

4. Tidak membuka tagihan kartu kredit

Penting bagi Anda untuk selalu mengecek tagihan kartu kredit setiap bulannya. Hal ini dilakukan agar Anda tidak melewatkan tanggal tenggat waktu pembayaran tagihan kartu kredit.

3 dari 3 halaman

Tidak lapor kartu kredit hilang

5. Tidak lapor apabila kartu kredit hilang

Segeralah melapor apabila kartu kredit yang Anda miliki hilang. Hal ini dilakukan untuk memberikan laporan langsung pada pihak bank yang mengeluarkan kartu kredit.

Menunggu waktu yang lama untuk melaporkan kartu kredit akan meninggalkan efek besar. Bisa jadi kartu Anda sedang dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

6. Memiliki kartu kredit terlalu banyak di satu waktu

Tidak disarankan bagi Anda untuk memiliki kartu kredit yang banyak secara bersamaan. Selain merugikan, hal ini juga bisa membuat kondisi finansial Anda makin buruk.

Memiliki kartu kredit yang banyak dikhawatirkan Anda tidak bisa membayar tagihan yang sewaktu-waktu bisa membludak. (Vna/Ndw)

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kartu kredit adalah salah satu instrumen utang yang dikeluarkan oleh pihak bank serta memiliki nilai peminjaman yang harus dikembalikan.

    Kartu Kredit