Sukses

Baru Lulus Kuliah? Pakai 5 Cara Ini agar Cepat Dapat Kerja

Mendapat pekerjaan pertama setelah lulus dari bangku kuliah memang tidak mudah. Namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan

Liputan6.com, New York - Lulus kuliah menjadi momen yang membahagiakan bagi banyak orang. Bagaimana tidak, waktu ini merupakan langkah awal untuk menghadapi kehidupan yang sebenarnya.

Tak jarang ada beberapa orang yang bingung untuk menggunakan masa sehabis mereka lulus dari perguruan tinggi. Kemampuan yang dimiliki dirasa tidak cukup untuk bisa mendapat pekerjaan di perusahaan impian.

Mendapat pekerjaan pertama setelah lulus dari bangku perguruan tinggi memang tidak mudah. Namun bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan. Berikut lima cara yang bisa Anda coba dilansir dari Entrepreneur.com, Rabu (5/10/2016):

1. Bangun profil di dunia maya

Teknologi yang semakin pesat mempengaruhi proses rekrutmen sebuah perusahaan. Kini HRD perusahaan tidak lagi bergantung pada resume yang dikirimkan. Banyak dari mereka yang justru mencari kandidat berpengalaman lewat profil online yang mereka miliki.

2. Perluas jaringan

Koneksi dan jaringan di dunia kerja sangatlah penting. Semakin luas jaringan yang dimiliki, maka semakin besar pula kesempatan Anda untuk mendapat pekerjaan impian.

Memperluas jaringan bisa dilakukan dengan menjalin hubungan baik dengan teman yang sudah Anda kenal sebelumnya. Anda juga bisa mengikuti beberapa acara untuk bisa bertemu dengan teman baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbanyak pengalaman magang

3. Perbanyak pengalaman dengan magang

Pengalaman kerja bisa didapat dengan magang di beberapa perusahaan. Program magang ini bisa membuat Anda lebih mengerti akan dunia kerja yang sesungguhnya.

Selain itu, magang juga dapat menjadi salah satu jalan Anda mendapat pekerjaan. Tak jarang banyak perusahaan yang merekrut anak magang karena memiliki performa yang bagus selama kurun waktu tertentu.

4. Punya mentor

Banyak orang yang tidak memiliki pengetahuan cukup saat masuk dalam dunia kerja. Alhasil tak jarang dari mereka salah langkah dalam mengambil keputusan.

Namun Anda tidak perlu khawatir, hal ini bisa diatasi dengan bertanya pada orang yang sudah ahli. Cobalah untuk mencari mentor yang telah berpengalaman di industri tersebut.

5. Ambil sertifikasi

Pengalaman yang dimiliki selama berkuliah ternyata tidak cukup untuk bisa mendapat pekerjaan impian Anda. Hal ini dikarenakan dunia kerja yang menuntut kapabilitas lebih banyak dari pekerjanya.

Untuk memenuhi hal ini, Anda dapat mengambil sertifikasi dalam profesi tertentu untuk meningkatkan kualitas diri saat mencari pekerjaan. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.