Sukses

8 Cara Ubah Stres Menjadi Uang

Apakah Anda sering stres dan mudah cemas? Sebaiknya segera cari cara untuk mengatasinya sebelum mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda sering stres dan mudah cemas? Sebaiknya segera cari cara untuk mengatasinya sebelum mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Stres memang bisa menurunkan kualitas hidup. Tapi jika Anda pandai mengelolanya, stres bisa menghasilkan uang lho. Tidak percaya? Berikut delapan cara mengubah stres menjadi uang seperti dikutip dari CekAja.com:

Salurkan stres lewat kerja keras

Ketika Anda stres soal pekerjaan, ini artinya Anda benar-benar memikirkan serius tanggung jawab Anda. Karena orang yang tidak peduli, mungkin menganggap sepele pekerjaan. Hormon stres pada level tertentu bisa meningkatkan kewaspadaan, daya ingat, dan fokus.

Menurut David Barlow, pendiri Pusat Kecemasan dari Universitas Boston, rasa cemas bisa membuat performa kerja seseorang meningkat. Gunakan ini sebagai kesempatan untuk melakukan yang terbaik sehingga peluang naik gaji pun makin besar.(Baca juga: Masalah yang Bikin Kamu Susah Naik Jabatan di Tempat Kerja)

Salurkan stres pada kesibukan yang menghasilkan uang

Stres yang disebabkan karena putus cinta biasanya hadir ketika pikiran kosong atau sedang sendirian. Yang harus Anda lakukan supaya tidak merasa stres adalah menyibukkan diri.

Kenapa tidak mencari pekerjaan sampingan atau melakukan kegiatan yang bisa menghasilkan uang tambahan. Misalnya menjadi penulis lepas atau desain. Pikiran tetap sibuk, dompet pun makin tebal.

Menjadi perawat hewan peliharaan

Kalau Anda menderita rasa cemas dan stres tinggi, Anda disarankan mengambil pekerjaan sebagai perawat hewan peliharaan. Studi membuktikan jika memelihara hewan dapat menumbuhkan ikatan tulus yang bermanfaat positif bagi kesehatan mental dan meningkatkan interaksi sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menabung

Menabung dan berinvestasi sebanyak-banyaknya

Jika stres yang Anda rasakan karena khawatir dengan masa depan, ini sebenarnya merupakan peluang untuk mempersiapkan finansial masa depan. Anda bisa mulai menyisihkan uang setiap bulannya karena stres takut kehabisan uang di usia tua.

Dampak positifnya, Anda bisa jadi kaya karena investasi dan tabungan semakin tumbuh dari waktu ke waktu. (Baca juga: 5 Investor Cerdas Ini Mengeruk Untung Setelah Berinvestasi pada Perusahaan Teknologi)

Tuangkan di blog

Berdasarkan data National Institutes of Mental Health, lebih dari 40 juta orang dewasa di Amerika menderita stres dan kecemasan. Intinya, saat Anda memiliki masalah berat, jangan berpikir Anda sendirian. Ada banyak orang di luar sana merasakan hal yang sama.

Jika Anda bisa berbagi pengalaman dalam blog dan berhasil meraih banyak pembaca, Anda bisa mendapatkan uang dari sini. Tapi ingat, jangan menjabarkan hal-hal yang bersifat terlalu pribadi dan pada akhirnya menjatuhkan nama baik sendiri ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini