Sukses

5 Cara Agar Mudah Menabung Setiap Bulan

Banyak cara agar bisa menabung asalkan punya niat pasti akan bisa menabung dengan mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Menabung adalah hal penting yang harus kita jadikan kebiasaan dari kecil agar terbiasa menabung ketika dewasa nanti.

Menabung banyak sekali manfaatnya di antaranya jika ada keperluan yang sangat mendadak maka kamu bisa menggunakan uang tabungan Anda untuk hal tersebut.

Menabung bisa menjadi investasi ketika kita sedang kesulitan. Banyak sekali sebenarnya manfaat menabung itu. Hanya saja banyak dari kita yang agak sulit untuk menabung karena beberapa faktor.

Contohnya saja biaya hidup yang tinggi, datangnya keperluan-keperluan mendadak dan juga hal lainnya. Sebenarnya hal-hal tersebut tidak bisa kita jadikan alasan untuk tidak menabung.

Banyak cara agar kita bisa menabung, asal Anda punya niat pasti akan bisa menabung dengan mudah. Berikut beberapa tips agar Anda jadi lebih mudah menabung dan pastinya menjadi rutin menabung setiap bulan, seperti dikutip dari www.cermati.com:

1. Menabunglah saat Gaji sudah Turun

Menabung saat gaji baru turun adalah hal yang tepat jika Anda kesulitan dalam menabung. Saat gaji kita sudah turun maka kita memegang penuh uang kita.

Uang gajian kita pun terhindar dari serangan-serangan ingin belanja dan keperluan lainnya. Menabung di hari pertama merupakan cara yang paling efektif untuk Anda yang kesulitan menabung.

Akan tetapi, Anda harus pintar mengelola uang gajian agar tidak kerepotan. Contohnya saja gaji Anda adalah Rp 5 juta setiap bulan. Maka tabunglah uang Anda sebanyak Rp 3,5 juta setorkan ke bank tempat Anda menabung dan sisanya menjadi uang pegangan Anda.

Ini penting karena jika menabungkan semua uang gajian maka Anda sendiri yang akan menjadi kesulitan di akhir bulan. Contoh gaji Anda mendapat Rp 5 juta dan bisa menabung sebanyak Rp 4,5 juta, maka Anda hanya memegang uang 500 ribu rupiah. Tentu saja ini sia-sia karena pasti anda akan mengambil uang lagi di tabungan. Hal ini sangat tidak bagus karena mengganggu akan tabungan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buat Rekening Tabungan Ganda

2.Buat Rekening Tabungan Ganda

Fungsi dari rekening ganda ini adalah untuk memudahkan dalam menabung. Pisahkanlah antar rekening khusus tabungan dan rekening khusus untuk berbelanja keperluan-keperluan yang bisa dibelanjakan.

Jadi hal ini sangat berguna untuk membantu Anda yang kesulitan dalam hal menabung. Jika ingin bepergian keluar untuk belanja maka jangan bawa rekening Anda yang khusus buat tabungan.

Jadinya tabungan Anda tidak akan terganggu dan juga tidak akan berkurang. Solusi ini bagus untuk Anda yang suka membelanjakan uang tabungan.

3. Jangan Membawa Uang Kas Terlalu Banyak

Jangan pernah membawa uang kas yang terlalu banyak saat berbelanja. Apalagi jika itu adalah uang gajian. Maka jangan pernah membawa uang kas terlalu banyak saat berbelanja karena berbahaya untuk tabungan.

Anda jadi tidak bisa menabung karena uang yang seharusnya anda tabung malah ikut di pakai untuk berbelanja. Apalagi untuk para perempuan yang sangat senang berbelanja. Jangan pernah sekali-kali membawa uang cash terlalu banyak saat berbelanja.

3 dari 3 halaman

Ikut Arisan

4. Buatlah Budget minimal untuk setiap hari

Jika anda orang yang kesulitan untuk menabung karena pengeluaran a yang tidak terkontrol, maka sudah saatnya untuk menentukan anggaran minimal dan maksimal untuk satu harinya.

Contoh Anda menentukan anggaran minimal adalah sebesar Rp 25 ribu dan anggaran maksimal adalah Rp 50 ribu untuk 1 hari. Maka Anda harus membuat biaya sehari yang harus Anda keluarkan dalam bentuk list dan lebih rinci dan hasilnya dalam sehari tidak boleh lebih dari Rp 50 ribu.

5. Ikutlah Arisan

Ketika Anda kesulitan dalam menabung maka cara yang paling ampuh adalah dengan mengikuti arisan.

Karena dengan rasa harus membayar setoran yang sudah di tentukan dan ada rasa tidak enak jika kita tidak membayarnya akan memudahkan kita untuk menabung. Akan tetapi jika Anda sudah dapat uang arisan maka anda harus buru-buru menabungkan uang itu.

Itulah hal-hal yang akan membantu Anda jika akan menabung. Khususnya Anda yang sangat kesulitan dalam menabung. Karena menabung akan memberi banyak manfaat dalam kehidupan. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.