Sukses

4 Trik Jitu Atasi Stres Saat Bekerja

Dalam kesibukan kerja sehari-hari, pasti sering menemukan banyak tekanan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam kesibukan kerja sehari-hari, pasti sering menemukan banyak tekanan, memikirkan perintah atasan, proposal yang belum selesai atau persiapan bertemu klien dan lainnya. Tanpa disadari, hal inilah yang bisa menyebabkan timbulnya stres ketika bekerja

Apapun pekerjaan Anda, mau sekretaris, pelayan, manajer, polisi, wartawan bahkan karyawan magang sekalipun. Banyaknya tekanan dan tuntutan kerja bisa membuat stres saat bekerja.

Faktor lain seperti lingkungan kerja yang tidak bersahabat, kurangnya privasi, terlalu sering di depan komputer, ventilasi buruk di ruangan, fasilitas sanitasi yang tidak memadai dan beberapa faktor lainnya juga bisa menimbulkan stres ketika bekerja.

Melansir laman Huffington Post, berikut ini ada empat tips mengelola stres ketika berada di tempat kerja:

1. Identifikasi masalah

Jauhkan segala hal yang berhubungan dengan proposal atau masalah yang membuat Anda tertekan dalam pekerjaan selama seminggu, kemudian identifikasi situasi stres tersebut dan coba pikirkan bagaimana kira-kira cara menghadapinya.

2. Bikin strategi

Setelah dapat mengidentifikasi masalah, cari cara bagaimana Anda menghadapi masalah tersebut. Salah satu hal baik yang bisa dilakukan dengan selalu berpikir positif dan melakukan tindakan positif, misalnya berolahraga seperti yoga atau meditasi, cara ini biasanya ampuh untuk mengatasi ketegangan pikiran ketika stres melanda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Batasi


3. Batasi

Beri batasan pekerjaan kantor ketika berada di rumah. Contohnya membuat aturan untuk tidak memeriksa email, SMS, menjawab telepon ketika makan atau memeriksa media sosial saat di rumah.

4. Istirahat

Istirahatkan pikiran Anda dari pekerjaan selama beberapa waktu. Misalnya ambil cuti beberapa hari, dan selama periode itu, fokus dengan benar-benar tidak mencari tahu apa pun yang berhubungan dengan pekerjaan Anda, lakukan hal-hal menyenangkan yang bisa membuat pikiran tenang dan jika mungkin jauhkan telepon Anda untuk sementara waktu.

Penting untuk sesekali memanjakan diri sendiri dengan tidak memikirkan pekerjaan. Karena Anda juga bukan robot, ada kehidupan lain selain pekerjaan di hidup Anda, jadi nikmati hidup dengan menyeimbangkan antara pekerjaan dan privasi Anda.d

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.