Sukses

6 Negara dengan Pemerintahan Terbaik di Dunia

Pemerintahan yang baik akan mampu membuat penduduk negaranya makin sejahtera

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memegang peranan penting dalam perkembangan sebuah negara. Pemerintahan yang baik akan mampu membuat penduduk negaranya makin sejahtera. Sebaliknya, pemerintahan yang buruk dapat memberi dampak negatif pada kestabilan sebuah negara.

Laporan Global Prosperity Index yang dikeluarkan oleh lembaga riset Legatum Institute melansir beberapa negara yang memiliki pemerintahan terbaik. Peringkat sepuluh besarnya didominasi oleh negara Eropa.

Berikut ulasannya seperti dilaporkan Business Insider, (15/11/2016):

6. Swiss

Negara republik federal ini memiliki kualitas pendidikan yang baik. Namun bukan hanya itu, Swiss juga terkenal dengan sistem pemerintahan yang baik. Parlemen Swiss terdiri dari 246 anggota yang keseluruhannya dipilih oleh rakyat.

5. Swedia

Swedia turun satu peringkat dalam kualitas pemerintahannya. Walau begitu, negara ini masih dinilai memiliki sistem pemerintahan terbaik di dunia.

Belanda

4. Belanda

Parlemen Belanda merupakan markas dari 150 organisasi internasional. Salah satu organisasi internasional yang bermarkas di sini adalah International Criminal Court.

3. Norwegia

Negara Skandinavia satu ini mampu duduk di peringkat tertinggi dibanding indeks penilaian lainnya. Gedung parlemen Norwegia diberi nama The Stortinget atau berarti Dewan Agung.

Selandia Baru

2. Selandia Baru

Selandia Baru menempati peringkat kedua dalam hal kualitas pemerintahan selama dua tahun berturut-turut. Negara ini juga mampu mencetak nilai yang baik pada indeks penilaian pasar, kebebasan berpendapat hingga hubungan masyarakat.

1. Finlandia

Peringkat pertama ditempati oleh Finlanida. Negara ini mampu naik empat peringkat dari tahun lalu. Perdana Menteri Finlandia bernama Juha Sipila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.