Sukses

PLN Ingin Pasokan Listrik Jakarta Handal Seperti di Kota Maju

Ada dua wilayah yang akan dijadikan ujicoba PLN untuk menerapkan listrik handal yaitu Kawasan Mega Kuningan dan Kawasan Bisnis Sudirman.

Liputan6.com, Jakarta PT PLN Distribusi Jakarta Raya‎ (Disjaya) ingin membuat Jakarta seperti kota besar di negara maju yang tidak pernah mengalami pemadaman listrik.

General Manager PLN Disjaya Syamsul Huda mengatakan, cita-cita tersebut untuk meningkatkan produktifitas bisnis, membuat masyarakat semakin produktif dan menyukseskan program 35 ribu Mega Watt (MW).

‎"Ada keinginan supaya Jakarta tidak kalah seperti kota negara maju lainnya seperti Eropa," kata dia di kawasan Cikini, Jakarta, Senin (14/11/2016).

‎Menurut Syamsul, PLN Disjaya optimistis bisa melakukan hal tersebut. Ini seiring langkah perusahaan yang mampu menjamin pasokan listrik ke Istana Negara sehingga tidak pernah mengalami pemadaman.

"Apa yang membuat PLN yakin bisa?. Tanpa disadari PLN Disjaya sudah melakukan itu. Buktinya Istana itu nggak pernah padam di sana," terangnya.

Menurut Syamsul, ada dua wilayah yang akan dijadikan ujicoba untuk menerapkan listrik handal yaitu Kawasan Mega Kuningan dan Kawasan Bisnis Sudirman. Kemudian, setelah dua wilayah tersebut berhasil akan diperluas ke wilayah Jakarta lainnya.

Dia mengungkapkan, untuk membuat kelistrikan sebuah wilayah anti padam, maka dibuat pengamanan pasokan listrik berlapis lebih dari dua Gardu Induk. Namun untuk menerapkan hal tersebut membutuhkan biaya tambahan.

"Kalau dua lokasi berhasil, tidak tertutup kemungkinan direksi menyetujui seluruh daerah seperti dua tempat ini, sehingga seluruh Jakarta listriknya handal seperti kota maju," tutup dia. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.