Sukses

Begini Cara Atur Keuangan untuk Mewujudkan Keinginan

Keterbatasan dana membuat Anda harus melakukan berbagai cara mulai dari menabung atau menyisihkan uang.

Liputan6.com, Jakarta Terkadang untuk mewujudkan keinginan, kita tidak bisa membelinya langsung. Keterbatasan dana membuat Anda harus melakukan berbagai cara, mulai dari menabung atau menyisihkan uang untuk membeli dan mewujudkannya.

Tetapi beberapa orang merasa bingung dan selalu gagal. Karena uang yang ditargetkan justru terpakai atau digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Berikut tips cara mengatur keuangan agar bisa mewujudkan keinginan Anda, seperti melansir laman www.cermati.com, Minggu (27/11/2016).

1. Hitung Keuangan Pribadi

Sebelum menginginkan sesuatu baiknya menghitung dengan apik pemasukan yang diterima selama satu waktu, misalnya satu minggu atau satu bulan gaji.

Setelah menghitung pemasukan, Anda bisa menghitung kebutuhan yang umumnya digunakan atau dimanfaatkan dari pendapatan. Jangan lupa juga memasukan biaya tunggakan misalnya pembayaran kartu kredit, atau cicilan rumah.

Hal-hal yang bersifat utang jangan ditumpuk, usahakan bayar secepatnya. Semakin cepat lunas pembayaran cicilan maka semakin cepat Anda bisa mewujudkan keinginan. Apalagi jika keinginan itu termasuk yang memakan uang yang cukup banyak.

2. Anggarkan Keinginan

Keinginan jenis kecil mungkin bisa dikabulkan dalam waktu yang cepat. Misalnya, dalam bulan atau waktu tersebut Anda hanya ingin membelanjakan makan di tempat restoran mahal atau ingin membeli make up untuk para wanita. Maka anda bisa menentukan sisa pendapatan yang bisa dimanfaatkan setiap bulannya.

Beruntung jika memang cukup, jika belum silahkan hitung kembali berapa lama anda harus menabung.

3. Hindari Jebakan Nafsu

Beberapa orang mengaku bahwa keinginan yang mereka wujudkan merupakan nafsu semata, hal ini membuat mereka menjadi kesal dan juga menyesal di akhir.

Nah, untuk Anda yang memang ingin mewujudkan keinginan tanpa penyesalan pikirkan baik-baik keinginan tersebut. Anda memang benar membutuhkan untuk memuaskan hasrat atau hanya ‘lapar mata’ semata. Jika sudah mengikuti nafsu, maka akan sulit mengendalikan.

Misalnya, anda ingin mengganti mobil baru. Selain keluaran terbaru lebih bagus dan keren, mobil lama anda-pun sudah jelek dan rusak. Hal ini yang dinamakan hindari jebakan nafsu.

Contoh lain misalnya anda ingin membeli kamera, sedangkan di rumah sudah memiliki 2 kamera yang tidak digunakan. Wah, hal seperti ini yang harus dihindari.

4. Cari Gantinya

4. Cari Gantinya

Keinginan sesungguhnya bisa diganti, bahkan kebutuhan sehari-hari juga. Misalnya Anda yang butuh memakan ikan bisa diganti dengan ayam atau daging yang harganya serupa dan berbeda sedikit saja. Sama halnya seperti keinginan Anda, semua hal bisa digantikan kecuali memang barang , jasa atau jenis tersebut yang benar-benar diinginkan.

Contoh lain, anda ingin jalan-jalan ke Australia. Namun biaya pergi kesana sangat mahal, jika yang ingin dikunjungi adalah Ladang sapi berkualitas maka anda benar-benar harus pergi ke sana. Namun jika hanya ingin jalan-jalan ke luar negeri dan melepas penat. Bisa saja digantikan dengan jalan-jalan ke tempat yang dekat yang belum pernah dikunjungi, Singapura atau Thailand misalnya.

5. Kumpulkan Informasi

Dengan keuangan yang ada, Anda bisa menimbang seberapa banyak yang dibutuhkan. Kebutuhan informasi yang akurat bisa sejalan dengan tabungan uang yang dikumpulkan demi mewujudkan keinginan.

Dengan informasi, maka Anda bisa menimbang berapa banyak uang yang bisa ditabung setiap hari atau bulannya. Jika berlebih maka akan dirasa aman, namun jika sudah menghabiskan waktu setengah tahun untuk menabung dan hasilnya tetap saja kurang.

Hal seperti ini yang kadang membuat Anda terpaksa mengutang karena sudah kebelet. Baiknya cari informasi dulu ya.

6. Buat Daftar

Namanya manusia, keinginan satu saja tidak cukup. Dalam satu waktu Anda bisa menyukai dan menginginkan barang yang A namun diwaktu yang sama keinginan juga hadir untuk memiliki barang B.

Jika mengalami hal seperti ini baiknya urutkan dengan benar, baik secara harga dari murah ke mahal maupun secara poin keinginan dari barang yang benar-benar diinginkan hingga yang standar.

Wujudkan Keinginan Anda dengan Baik

Apapun keinginan anda, silahkan wujudkan dengan baik, asalkan jangan menggunakan berbagai cara seperti mengutang atau menggunakan uang orang lain. Bekerja keras dan mendapatkan keinginan dengan menggunakan uang sendiri akan lebih membanggakan dan terasa puas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.