Sukses

Tiket KA Libur Natal dan Tahun Baru Mulai Ludes

Manajemen KAI menyatakan masih ada tiket tambahan selain tanggal favorit pada 22,23,dan 24 Desember 2016.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) selalu menambah kapasitas angkutnya setiap tahun. Meski begitu saat menghadapi libur tertentu tiket selalu habis terjual.

Apalagi menghadapi libur perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2017. Setidaknya sejumlah kereta untuk keberangkatan tanggal-tanggal favorit sudah habis terjual.

"Tanggal favorit itu 22, 23, 24 Desember misalnya," kata Senior Manajer Humas KAI DAOP 1 Jakarta Sapto Hartoyo kepada Liputan6.com, Sabtu (26/11/2016).

Meski begitu, Sapto mengaku masih tersedia beberapa tiket untuk keberangkatan tanggal selain tanggal-tanggal favorit tersebut.

Tidak hanya itu, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur natal dan tahun Baru tersebut pihaknya juga menyediakan kereta tambahan.

"Tidak semua habis,masih ada kereta tambahan dan masih ada tempat duduk yang tersedia," tegas Sapto.

Setidaknya dari hasil penelusuran Liputan6.com, kereta api untuk keberangkatan Stasiun Pasar Senen-Yogyakarta sudah ludes terjual, baik untuk KA Gajahwong, Senja Utama Yogyakarta, Bogowonto dan Sneja Utama Solo.

Tidak hanya KA dengan kelas ekonomi, KA kelas eksekutif yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir dengantujuan Surabaya Gubeng untuk keberangkatan tanggal yang sama juga sudah tidak tersisa. KA-KA itu yaitu Bangunkarta dan Bima.

Strategi KAI Berinovasi

KAI juga kembali meningkatkan pelayanannya. Kali ini melalui anak usahanya PT Reska Multi Usaha, KAI menghadirkan layanan pemesanan makanan di dalam kereta melalui sistem pre order via aplikasi KAI Acces.

Pelayanan pemesanan makanan sistem pre order ini sebenarnya sudah bisa dilakukan selama ini, hanya saja masih hanya bisa dilakukan melalui website. Kali ini preorder bisa dilakukan via aplikasi.

"Inovasi ini memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk memilih dan memesan makanan dan minuman sesuai keinginan yang nantinya akan dinikmati selama perjalanan dengan KA," kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, Sabtu 26 November 2016.

‎Edi menjelaskan, layanan ini merupakan fasilitas pemesanan makanan dan minuman yang dapat dipesan jauh-jauh hari sebelum penumpang berangkat.

Pelanggan juga dapat menentukan lokasi dan waktu penyajian makanan. Dengan layanan ini, PT KAI berharap masyarakat yang menggunakan jasa KA semakin dimudahkan.  

"Kami terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi untuk semakin memberikan kemudahan bagi para pengguna jasa KA," tambah Edi.

Dengan layanan pre-order meals melalui KAI Access ini, para pengguna jasa KA dapat melakukan pemesanan minimal 2 (dua) hari sebelum keberangkatan.

Pemesanan makanan & minuman pre order dapat dilakukan saat memesan tiket melalui aplikasi KAI Access. Setelah pemesanan tiket berhasil dilakukan, pada halaman smartphone akan muncul link “Meals Pre-Order” yang ketika diklik akan muncul daftar pilihan menu makanan, minuman, dan snack yang bisa dipesan.

Setelah memilih menu makanan/minuman/snack yang akan dipesan, akan muncul total harga pesanan yang dapat dibayarkan melalui ATM ke rekening PT Reska Multi Usaha yang tercantum pada email/sms notifikasi pemesanan yang diterima pelanggan.

Pembayaran dapat dilakukan maksimal tiga jam setelah notifikasi konfirmasi pembelian diterima pelanggan. Ke depan, pelanggan dapat melakukan pembayaran layanan ini dengan menggunakan kartu kredit.  

PT Reska Multi Usaha, anak perusahaan PT KAI, yang mengelola restorasi selama perjalanan di atas KA, menawarkan berbagai variasi menu makanan dan minuman lewat layanan pre-order meals ini.

"Harga makanan dan minuman yang ditawarkan dalam layanan pre-order meals ini pun sangat terjangkau," tutur Edi.

Namun, untuk sementara layanan pre-order meals ini hanya dapat dinikmati pada KA-KA di Pulau Jawa.  Bagi masyarakat yang telah membeli tiket KA di channel eksternal lainnya namun ingin juga melakukan pre-order meals, dapat mengakses website https://tiket.kereta-api.co.id/ dan meng-klik banner “Meals Pre-Order” atau  melalui aplikasi KAI Access dan meng-klik “Pre Order Makanan” pada bagian bawah tampilan muka aplikasi ini.

Pelanggan tinggal mengetikkan kode booking tiket KA untuk dapat mulai memilih menu yang tampil di layar komputer atau smartphone. (Yas/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.