Sukses

Riset: Makan Es Krim di Pagi Hari Bikin Kerja Lebih Produktif

Riset ini dilakukan oleh Profesor Tokyo Kyorin University, Yoshihiko Koga.

Liputan6.com, Tokyo - Seorang peneliti asal Jepang mampu menemukan fakta yang unik. Profesor Tokyo Kyorin University, Yoshihiko Koga mengungkapkan, mengkonsumsi es krim ketika sarapan mampu meningkatkan performa otak sehingga membuat kerja lebih produktif.

Melansir telegraph.co.uk, Rabu (30/11/2016), Koga melakukan penelitian ini dengan mengidentifikasi dua subjek grup yang berbeda. Grup pertama diberi es krim di pagi hari sementara grup yang lain tidak.

Dengan membandingkan dua grup ini ia menyimpulkan bahwa mereka yang memakan es krim di pagi hari mampu memproses informasi lebih cepat dan menunjukkan performa lebih baik.

Koga mengatakan, hal ini bisa terjadi karena reaksi otak yang terkejut akibat suhu es krim yang tinggi. Hal tersebut akhirnya memacu tubuh untuk bereaksi lebih cepat.

Walau begitu, temuan profesor Yoshihiko Koga ini mendapat reaksi yang beragam terutama di dunia ilmu gizi. Ahli Gizi dari Reading University Katie Barfoot mengatakan, hal ini tidak semata-mata bisa disebabkan karena mengkonsumsi es krim di pagi hari. Hal itu bisa berpengaruh karena adanya glukosa yang terkandung dalam es krim.

"Penjelasan yanng masuk akal adalah produktivitas ini tidak semata-mata disebabkan karena es krim. Mengkonsumsi es krim di pagi hari sama saja memasok kebutuhan glukosa tubuh. Hal tersebutlah yang akhirnya berkontribusi pada respon kerja yang lebih baik," tuturnya

Penelitian mengenai es krim dan efeknya terhadap tubuh bukanlah penelitian pertama yang dilakukan oleh Yoshihiko Koga. Sebelumnya, profesor ini juga sering melakukan penelitian tentang hubungan antara kondisi mental dengan jenis makanan tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.