Sukses

Begini Cara Negosiasi Gaji Agar Tidak di Bawah Rata-rata!

Tidak sedikit di antara Anda yang gagal ketika masuk ke tahap negosiasi gaji.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang baru mendapatkan pekerjaan baru merupakan sesuatu yang menyenangkan. Namun, sebelum Anda nyatakan diterima dalam sebuah perusahaan pastinya akan melalui banyak tahapan-tahapan pengrekrutan mulai dari wawancara hingga negosiasi gaji.

Tidak sedikit di antara Anda yang tidak lolos ketika masuk ke tahap negosiasi gaji. Kemungkinan itu disebabkan karena Anda mengajukan gaji terlalu tinggi atau bahkan terlalu rendah.

Walau begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai cara negosiasi gaji yang tepat. Berikut ini ada beberapa cara yang tidak semua orang tau dan bisa Anda gunakan agar gaji yang  didapatkan nanti tidak di bawah standar pasaran  dikutip dari Karir.com:

1. Hindari kata ‘terserah’

Ingat, hindari kata ‘terserah’. Kenapa? Karena saat Anda sedang negosiasi gaji merupakan pertaruhan masa depanmu. Memang saat seperti ini akan membuatmu bingung. Jika Anda menyebutkan nominal terlalu tinggi maka bisa jadi HRD kurang atau tidak setuju.

Namun, bila menyebutkan terlalu rendah akan menimbulkan persepsi bahwa Anda kurang layak. Walau seperti itu, jangan pernah mencetuskan kata ‘terserah’ saat negosiasi gaji karena ini akan menimbulkan persepsi bahwa Anda terlihat tidak percaya diri.

2. Jangan terlalu cepat mengambil keputusan

Jika Anda sudah dinyatakan diterima bekerja namun gaji yang didapatkan tidak sesuai dengan harga standar gaji di pasaran, maka jangan terburu-buru mengambil keputusan meski didesak dari pihak perusahaan.

Sah-sah saja jika Anda meminta waktu untuk mempertimbangkan keputusan tersebut, tapi dengan catatan jangan terlalu lama memberikan keputusan atau membuat perusahaan tersebut menunggu lama.

3. Gunakan Salary Benchmark
 

Anda masih bingung untuk menentukan standar gaji yang sesuai dengan pasaran? Jangan khawatir. Kini Anda bisa menentukan gaji sesuai standar pasaran dengan mudah menggunakan fitur dari Karir.com yakni Salary Benchmark. Hanya dengan mengisi form data diri pribadi di Karir.com, maka bisa diketahui berapa kisaran standar gaji pasaran yang cocok untukmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.