Sukses

Awas, Hindari Lowongan Kerja Palsu di Internet dengan 5 Cara Ini

Tak jarang, internet sering dipergunakan oleh oknum nakal untuk menipu para pencari kerja

Liputan6.com, Jakarta - Internet menjadi salah satu media yang banyak dipakai orang untuk mencari lowongan kerja. Akses yang mudah serta tidak memerlukan usaha yang besar membuat banyak perusahaan pun kini menyebarkan lowongan pekerjaannya via internet.

Tapi tak jarang, hal ini sering dipergunakan oleh oknum nakal untuk menipu para pencari kerja. Apabila tidak berhati-hati, Anda bisa menjadi korban penipuan lowongan kerja palsu yang ada internet.

Agar terhindar dari hal ini, berikut lima strategi jitu untuk menghindari jebakan lowongan kerja palsu seperti dilaporkan oleh Jobmail.co.za, Senin (19/12/2016):

1. Cek kredibilitas perusahaan

Sebelum menerima tawaran wawancara kerja, coba cek terlebih dahulu kredibilitas perusahaan. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah. Cobalah untuk mengeceknya via internet dan membaca profil perusahaan dengan jelas.

2. Jangan percaya pada lowongan yang mengharuskan membayar sejumlah uang

Apabila Anda diminta untuk memberikan uang sebelum memulai wawancara berarti Anda sudah terjebak dalam proses rekrutmen palsu. Proses perekrutan pekerja yang asli tidak akan mengharuskan Anda untuk membayar uang apapun.

3. Perhatikan alamat email HRD

HRD perusahaan yang benar-benar mencari pekerja baru akan menggunakan alamat email formal untuk memberikan keterangan resmi. Sebaliknya, banyak penipuan lowongan kerja di internet menggunakan domain gratis seperti @yahoo.com atau @gmail.com sebagai alamat email kontaknya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

4. Hati-hati dengan lowongan yang mengumbar janji

Untuk menarik minat pencari kerja, banyak lowongan pekerjaan palsu yang mencantumkan fasilitas dan keuntungan berlimpah yang kecil kemungkinannya diberikan perusahaan pada umumnya.

Jangan mudah tergiur dengan lowongan yang menawarkan gaji besar dengan pekerjaan santai. Sebaiknya berpikir secara rasional sebelum mengambil keputusan.

5. Cari lewat situs terpercaya

Sekarang, banyak situs pencari kerja yang dapat menolong Anda untuk mencari pekerjaan yang diinginkan. Semua lowongan pekerjaan yang dicantumkan dalam situs ini pun sudah melalui proses verifikasi sehingga dapat dipercaya keasliannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.