Sukses

Jangan Beli Mobil Bekas Sebelum Pertimbangkan Hal Ini

Membeli mobil bekas merupakan langkah tepat bagi Anda yang ingin punya mobil pribadi tapi memiliki budget terbatas.

Liputan6.com, Jakarta - Membeli mobil bekas merupakan langkah tepat bagi Anda yang ingin punya mobil pribadi tapi memiliki budget terbatas. Meski harganya lebih murah, bukan berarti Anda jadi menelan bulat-bulat mobil bekas yang ditawarkan.

Ini lima hal yang harus dipertimbangkan saat beli mobil bekas seperti dikutip dari CekAja.com:

Tahun produksi

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan saat beli mobil bekas adalah mengetahui tahun produksi. Sebaiknya Anda membeli mobil bekas dengan tahun pembuatan di atas tahun 2000.

Mengapa? Alasannya karena berpengaruh terhadap kondisi fisik mobil serta ketersediaan suku cadang di pasaran. Kecuali jika sejak awal Anda memamg mengincar mobil antik yang meski bekas justru harganya lebih mahal daripada yang baru. (Baca juga: Mau Beli Mobil? Ini 5 Mobil Terlaris Tahun 2016 di Indonesia)

Kelengkapan surat

Periksa semua kelengkapan surat mulai dari BPKB hingga STNK. Kalau pemilik mobil mengaku bahwa salah satunya hilang, pastikan dia mengurusnya di kepolisian terlebih dahulu sebelum transaksi pindah kunci.

Harganya masuk akal

Ditawari mobil bekas keluaran dua tahun terakhir tapi harganya hampir setengah harga baik? Sebaiknya Anda sedikit curiga. Sebelumnya cari tahu dulu harga pasaran jenis mobil yang dipilih. Sebagai patokan Anda bisa mencari harganya secara online di beberapa situs otomotif dan portal jual beli mobil bekas.

Ketika mendapat harga murah, cari tahu mengapa penjual berani memberikan harga begitu rendah.Apakah dia sedang butuh uang cepat atau ada riwayat kurang mengenakkan yang terhadi pada mobil.

Sekadar berjaga-jaga, terkadang mobil bekas yang dijual dengan harga murah dan cepat memiliki beberapa kekurangan seperti masalah surat hingga mesin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cek kondisi



Kondisi dan kilometer kendaraan

Ketika Anda sudah merasa cocok dengan mobil bekas pilihan, selanjutnya lakukan pengecekan kondisi mesin dan kilometer kendaraan. Apabila Anda kurang mengerti, Anda bisa mengajak montir kepercayaan atau teman yang mengerti betul tentang seluk-beluk kendaraan.

Meski harga murah, Anda harus tetap mendapatkan mobil bekas dengan kondisi mesin yang sehat dan bagus. (Baca juga: Begini Cara Jitu Membeli Mobil Avanza Bekas Secara Kredit)

Konsumsi bensin

Terakhir, Anda juga perlu mengecek bagaimana konsumsi bensin mobil yang dipilih. Biasanya mobil bekas memiliki konsumsi bensin yang tidak lagi prima alias lebih boros daripada seharusnya tergantung kondisi kendaraan.

Tentunya ini sangat berpengaruh pada pengeluaran ke depan apalagi kalau Anda benar-benar mengandalkan mobil tersebut untuk aktivitas sehari-hari.

Untuk itu sesuaikan dengan kemampuan Anda. Terkadang mobil bekas bagus dengan harga murah malah punya masalah dengan konsumsi bensin yang cukup boros.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.