Sukses

Ini Petunjuk Saat Ingin Beli Properti​ yang Diminati​

Membeli properti atau rumah merupakan salah satu investasi yang cerdas karena harganya tidak pernah turun.

Liputan6.com, Jakarta - Membeli properti atau rumah merupakan salah satu investasi yang cerdas, karena seperti Anda tahu harga rumah hampir tidak pernah turun bahkan cenderung naik. Pasar penjualan properti dan real estate pun semakin hari semakin kuat persaingannya terutama beberapa tahun terakhir.

Melansir laman Guampdn, berikut ini beberapa tips yang perlu diingat saat ingin membeli properti atau rumah sempurna sesuai dengan yang diinginkan:

1. Memilih developer yang tepat dan terpercaya

Salah satu hal yang paling penting saat membeli properti adalah mengandalkan agen atau developer. Pilihlah dan pastikan developer perumahan yang memiliki reputasi bagus, hal ini agar proyek Anda tidak terbengkalai di kemudian hari.

Carilah yang paham dan mengerti apa yang diinginkan pembeli, cari tahu apakah developer atau agen tersebut selalu mengerjakan proyeknya tepat waktu.

2. Jangan mengandalkan internet

Ketika Anda menemukan properti di internet sesuai yang diinginkan, sebagian besar penjual bahkan tidak online dan tidak siap ketika ditanyakan.

Memang sekarang serba mudah lewat internet, tapi jika itu tidak meyakinkan jangan buang waktu menunggu respons mereka, akan lebih baik Anda mencari properti melalui orang atau makelar perumahan yang memiliki reputasi baik dan terpercaya.

Jika baik, maka segera ambil keputusan. Terkadang selalu ada beberapa tawaran di saat bersamaan ketika ingin membeli properti. Bila punya beberapa pilihan, segera ambil keputusan yang terbaik.

Pilihlah lokasi dan harga yang paling sesuai dengan kantong Anda. Beberapa penjual ada yang suka bernegosiasi dan ada juga juga yang lebih senang menunggu penawaran dari pembeli. Untuk hal ini jika sudah punya dana dan mantap berinvestasi membeli rumah, segera ambil keputusan dan jangan menunggu terlalu lama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penelitian



3. Lakukan Penelitian

Meskipun Anda sudah sangat menyukai rumah yang akan dibeli, tetap lakukan penelitian terlebih dahulu sebelum menyepakatinya. Cek harga tetap berlaku, terkadang para developer jika sudah melihat seseorang sangat berminat, seenaknya menaikkan harga, karenanya Anda juga harus berpikir dan bertindak cerdas untuk hal yang satu ini.

4. Perhatikan penawaran dan permintaan

Jika membeli perumahan di daerah populer dan strategis, maka Anda juga harus siap bertindak cepat, karena biasanya lokasi dan lingkungan yang baik peminatnya juga cukup banyak. Jika sudah sesuai dan sepakat dengan semuanya, Anda pun juga harus bergerak sesegera mungkin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini