Sukses

Penampakan 4 Prangko Langka Termahal di Dunia

Banyak orang yang senang mengumpulkan prangko sebagai hobi utama. Para kolektor itu mengumpulkan prangko dari seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Prangko dianggap sebagai simbol dari latar belakang sejarah. Di masa lalu, prangko digunakan untuk tujuan yang berbeda, salah satunya adalah sebagai syarat untuk mengirim surat.

Banyak orang yang senang mengumpulkan prangko sebagai hobi utama. Para kolektor itu mengumpulkan prangko dari seluruh dunia. Tak tanggung-tanggung, mereka rela merogoh kocek cukup dalam untuk setiap prangko yang langka hanya demi melengkapi koleksi prangkonya. Bagi mereka, ada kepuasan sendiri dalam mengumpulkannya.

Lalu, prangko apa saja yang dihargai mahal? Melansir laman mostluxuriouslist.com, Selasa (10/1/2017), berikut empat prangko  termahal di dunia:

 

4. Inverted Jenny

Inverted Jenny merupakan prangko yang juga terkenal dengan nama Upside down Jenny. Prangko yang memiliki gambar pesawat JN-4 di atasnya ini dicetak di Amerika Serikat. Prangko ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 1918 dan dibuat dengan kesalahan pencetakan kecil tetapi justru menjadi salah satu yang sangat langka.

Hanya tersedia 100 prangko yang terbuat dari desain ini. Namun, prangko tersebut banyak yang hancur dan hanya tersisa beberapa saja. Sebuah cap tunggal dari koleksi ini dijual di pelelangan pada 2007 seharga US$ 977.500 atau Rp 13 miliar.

 

3. Treskilling Yellow

Treskilling Yellow juga merupakan salah satu prangko cap Swedia yang terlangka di dunia dan diterbitkan pada tahun 1855. Prangko ini telah membuat rekor karena berhasil terjual senilai US$ 2,3 juta atau Rp 30,5 miliar di pelelangan yang dilakukan pada 1996.

Pada tahun 1886, sebuah sekolah menemukan salah satu prangko dari jenis ini yang memiliki kesalahan pencetakan kecil dan dicetak dengan warna biru dan hijau. Hingga akhirnya, prangko tersebut disimpan di museum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mauritius Post Office

2. Mauritius Post Office

Mauritius Post Office meluncurkan prangko ini untuk koloni Inggris di tahun 1847. Prangko ini dibuat dengan dua denominasi, yaitu satu sisi berwarna biru gelap dan satu lagi berwarna oranye-merah. Prangko ini juga menampilkan profil Ratu Victoria.

Prangko ini dianggap sebagai prangko legenda karena desain dan seluruh sejarahnya. Saat ini, hanya tersisa 26 prangko di dunia dari jenis ini, dan memiliki nilai US$ 4 juta atau Rp 53,2 miliar untuk cap tunggal.

 

1. British Guiana 1c Magenta

British Guiana 1c Magenta merupakan salah satu cap yang paling berharga dan telah terjual pada tahun 2014 dengan harga tertinggi, yaitu senilai US$ 9,5 juta atau Rp 126,35 miliar. Prangko yang terbuat dalam bentuk segi delapan ini dibuat dalam jumlah terbatas pada tahun 1856.

Hingga akhirnya, beberapa jumlah prangko ini ditemukan oleh anak sekolah Skotlandia. Saat ini, British Guiana 1c Magenta dianggap sebagai prangko terlangka di dunia. (Fitriana Monica Sari)

 

http://www.mostluxuriouslist.com/most-expensive-postage-stamps/

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini