Sukses

Kurangi Pengeluaran Ini agar Wujudkan Impian Jalan-Jalan

Michelle McGagh tidak "membeli apa-apa" selama setahun kecuali kebutuhan dasar, sehingga mampu menabung dalam jumlah besar.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu alasan paling umum yang dapat menunda perjalanan atau jalan-jalan adalah masalah keuangan. Akan tetapi, masalah itu dapat diatasi jika Anda serius berkomitmen untuk mencapai tujuan. Hal ini juga dibuktikan seorang perempuan.

Michelle McGagh baru-baru ini menulis buy nothing year. Dia tidak membeli apa-apa kecuali kebutuhan dasar, antara lain tagihan listrik, bahan makanan, asuransi, produk pembersih, sumbangan amal, dan kredit rumah.

Usai satu tahun memotong biaya tak perlu, ia mampu menabung sekitar US$ 27.680 atau sekitar Rp 370,01 juta (asumsi kurs Rp 13.367 per dolar Amerika Serikat). Ia pun menggunakan uang itu untuk melunasi kredit perumahannya. Hal yang ia lakukan cukup ekstrem.

Namun, ada banyak orang sebenarnya dapat memangkas kembali pengeluarannya. Bagi mereka yang ingin hemat uang untuk perjalanan tapi tak tahu mulai dari mana, maka dapat memulai dengan tak "membeli apa-apa" dalam setahun. Selain itu belajar untuk habiskan lebih sedikit.

Lalu apa saja pengeluaran yang dapat dihemat? Simak ulasannya seperti dikutip dari laman travel and leisure, Rabu (25/1/2017)

1. Kopi
McGagh memperkirakan, kalau lebih dari satu tahun dia menghabiskan biaya hampir US$ 500 untuk membeli kopi setiap tahun. Membeli kopi terutama di kafe secara harian dapat menambah biaya pengeluaran Anda. Mungkin Anda bisa kurangi pengeluaran untuk minum kopi di kafe.

2. Transportasi
McGagh juga menghemat biaya transportasi. Ke mana pun dia pergi maka menggunakan sepeda. Mungkin cara ini tidak tepat untuk semua orang. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan angkutan umum lebih murah untuk hemat biaya transportasi.

3. Hiburan
Biaya hiburan antara lain konser dan kegiatan lainnya dapat menghabiskan anggaran. Akan tetapi, bila Anda jeli maka Anda bisa dapat hiburan gratis sesuai dengan minat Anda, misalkan nonton film gratis di museum dan memiliki kartu perpustakaan untuk pergi membaca.

4. Liburan pendek
Meski tergoda untuk menghabiskan untuk liburan di luar kota pada akhir pekan. Sebaiknya Anda simpan uang untuk liburan pendek tersebut untuk perjalanan yang sudah direncanakan dalam jangka panjang.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini