Sukses

Mandalika Punya Sirkuit, RI Ingin Jadi Tuan Rumah MotoGP 2019

Indonesia ingin jadi tuan rumah perlombaan balap motor Moto Grand Prix (MotoGP) pada 2019.

Liputan6.com, Mandalika - Kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal punya sirkuit internasional. Dengan adanya sirkuit ini, Indonesia ingin jadi tuan rumah perlombaan balap motor Moto Grand Prix (MotoGP) di 2019.

BUMN Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sudah melakuka‎n Memorandum of Understanding (MoU) dengan Roadgrip Motorsports UK Ltd dan Mrk1 pada 20 Januari 2017 lalu. Kedua perusahaan itu bertindak sebagai‎ perusahaan perancang, pengembang dan operator sirkuit balap motor.

Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer mengatakan, sirkuit ini akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di dunia‎ yang dibangun dengan standar FIM dan FIA.

"‎Kami sedang merencanakan pembangunan street race circuit internasional Mandalika," tutur Abdulbar di sela peresmian Signage Kuta Mandalika, di Nusa Tenggara Barat, Jumat (27/1/2017).

‎Sirkuit itu akan mengambil 80 hektar lahan dari total luas lahan 1.175 hektar total kawasan Mandalika. Sirkuit ini, lanjutnya, akan menjadi sirkuit jalan raya pertama di dunia.

Dengan begitu, kata Abdulbar, Indonesia diharapkan bisa menjadi tuan rumah kejuaraan dunia balap motor Grand Pix Mandalika di 2019.

"Ini dicanangkan menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Balap Motor Grand Pix Mandalika di 2019," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.