Sukses

Bingung Mau Beli atau Kontrak Rumah? Jawab Dulu 5 Pertanyaan Ini

Hal ini memang krusial. Apabila salah langkah, impian Anda untuk bisa hidup tenang di rumah impian pun bisa kandas sia-sia.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu kebutuhan mendasar manusia, memilih dan mengurus kepemilikan rumah menjadi satu hal yang sering menjadi persoalan banyak orang. Satu persoalan yang sering dilema adalah pilihan antara membeli atau mengontrak rumah yang akan dimiliki.

Hal ini memang krusial. Apabila salah langkah, impian Anda untuk bisa hidup tenang di rumah impian pun bisa kandas sia-sia.

Berikut lima pertanyaan yang harus Anda tanyakan sebelum Anda memilih untuk membeli atau mengontrak rumah, melansir laman Forbes, Rabu (1/2/2017):

1. Apakah punya tabungan cukup untuk membayar uang muka rumah?

Anda yang ingin membeli rumah sendiri harus memiliki tabungan yang cukup untuk membayar uang muka rumah. Rumah yang ingin dibeli via KPR harus dibayar uang muka minimal 20 persen secara tunai.

2. Apa prioritas Anda dalam lima tahun ke depan?

Bagi Anda yang baru memulai karier sering lupa bahwa Anda mungkin tidak akan selamanya tinggal di kota yang sama. Mengejar karier seringkali berarti harus bersedia berganti pekerjaan, dimutasi atau dipromosikan ke kedudukan lebih tinggi di kota berbeda.

Apabila prioritas Anda masih ingin berfokus pada karier, maka ada baiknya Anda menyewa rumah. Sebaliknya, apabila Anda sudah berpikir untuk menetap dan memiliki kemapanan, maka bisa mengambil kredit KPR sehingga lebih hemat.

3. Bagaimana kondisi kredit Anda?

Banyak orang yang memilih untuk mengajukan KPR untuk membantu mereka mendapat pembiayaan atas rumah yang diinginkan. Tapi perlu Anda cermati bahwa kondisi kredit Anda akan sangat berpengaruh terhadap hal ini. Mereka yang pernah berurusan dengan bank karena kredit macet lebih sulit untuk mendapat peminjaman yang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penghasilan Tetap

 

4. Apa Anda memiliki penghasilan yang tetap?

Memiliki pendapatan tetap setiap bulan akan menjadi pertimbangan oleh bank atau perusahaan pembiayaan untuk memastikan Anda dapat membayar angsuran kredit. Oleh karenanya, pastikan dahulu Anda memiliki penghasilan yang tetap sebelum mengajukan kredit pinjaman rumah.

5. Apakah Anda siap mengurus rumah sendiri?

Memiliki rumah sendiri berarti Anda harus siap dengan segala konsekuensi yang ada. Mulai dari perbaikan hingga biaya perawatan. Jika Anda masih ingin tempat tinggal yang lebih praktis, maka mengontrak merupakan solusi yang lebih baik. Tapi, jika Anda sudah siap dengan berbagai hal yang bisa terjadi, maka membeli rumah bisa dijadikan pilihan yang tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini