Sukses

Sudah Lulus Tapi Masih Menganggur, Kenapa Ya?

Memang tidak semua yang sudah lulus kuliah dan mendapatkan gelar sarjana bisa langsung dapat kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang baru lulus atau fresh graduate, apa yang akan dilakukan setelah mendapatkan gelar sarjana? Umumnnya, mereka yang belum mendapakan bekerja akan mencari pekerjaan melalui portal karir seperti karir.com. Namun, tak bisa dipungkiri lagi bahwa jaman sekarang persaingan di dunia kerja semakin kompetitif dan ketat.

Banyak di antara career seekers yang kurang beruntung. Mereka sudah lulus lama tetapi masih belum mendapatkan pekerjaan atau menganggur. Bahkan, banyak diantara career seekers dan fresh graduate yang belum mendapatkan pekerjaan akan bertanya-tanya ‘sudah mengirim banyak lamaran kerja tapi belum ada satu pun yang lolos’.

ka

Jika Anda pernah berada di posisi seperti ini jangan galau dulu, mungkin masih ada yang salah di dirimu. Yuk, kita coba evaluasi apa yang menyebabkan Anda lama mendapatkan pekerjaan setelah lulus seperti dikutip dari Karir.com:

1.  Resume tidak lengkap

Karir.com telah melakukan survei kepada HR-HR perusahaan. Hasilnya, 97,46 persen HR setuju bahwa data pribadi harus diisi dengan lengkap tanpa ada satupun yang terlewat.

Naah, apakah Anda sudah yakin bahwa resume sudah lengkap? Coba cek kembali, dan berikut ini ada faktor-faktor penting yang harus ada di dalam resume-mu:

a. Contact Details

Pastikan Anda mudah dihubungi dengan mencantumkan alamat email dan nomor telepon yang aktif.

b. Personal Details

Personal details meliputi Nama, Alamat, No HP, Jenis Kelamin, Status Pernikahan, Tanggal Lahir.

c. Summary

Ceritakan diri Anda semenarik mungkin.

d. Video

Jelaskan tentang diri Anda melalui video yang dapat diakses dimanapun & kapanpun.

e. Attachment

Anda bisa mengunggah dokumen pendukung untuk menjadi bahan pertimbangan.

f. Work Experience

Pada bagian ini, Anda diminta untuk menceritakan pengalaman kerja Anda sebelumnya.

g. Education:

Latar belakang pendidikan meliputi Nama Sekolah, Jenjang Pendidikan, Nama Jurusan, Periode Studi.

h. Training/Certification

Lampiran sertifikat dapat menjadi nilai plus untuk Anda di mata HRD.

i. Organization Experience

Tujuannya adalah agar HR mengetahui kemampuan Anda dalam bersosialisasi.

j. Test

Ikuti tes yang tersedia di Karir.com seperti Tes Gaya Komunikasi, EFSET, serta Tes Minat.

k. Language

Sekitar 53,79 persen HR menilai kemampuan bahasa merupakan syarat penting diterimanya seorang kandidat.

l. Skill

Cantumkan keahlian lain seperti penggunaan software yang dapat mendukung pekerjaan nantinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gaya berpakaian



2. Perbaiki gaya berpakaian

Sudah lulus kuliah saatnya Anda menjadi lebih dewasa. Dewasa dalam bersikap dan juga dalam berpakaian. Coba rombak cara berpakaian Anda yang dari santai berpakaian menjadi lebih formal dan profesional, khususnya ketika Anda dipanggil untuk wawancara kerja. Ini merupakan salah satu faktor penilaian yang dilakukan perusahaan untuk Anda diterima bekerja.

3. Jangan hanya menunggu, tanpa berusaha

Jangan hanya bermimpi dan menunggu pekerjaan yang datang ke Anda tanpa usaha. Anda sudah lulus, waktunya Anda ubah semua kebiasaan buruk. Stop bermalas-malasan.

Mulailah cari kesibukan dan buat hari-harimu lebih aktif diberbagai kegiatan di luar rumah. Atau Anda bisa mencoba untuk “berseluncur” di portal karir seperti karir.com dan datangi kegiatan karir expo. Mungkin keberuntungan Anda ada di sana.

4. Fokus

Mencoba hal baru memang tidak ada salahnya, tapi jangan terlalu sering untuk mencoba-coba dan tidak fokus kepada satu hal. Ini juga bisa menyebabkan Anda susah mendapatkan pekerjaan. Jangan buang waktu Anda dengan melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan kemampuan, sebab setiap perusahaan juga tidak akan menerima orang yang tidak berkompeten.

5. Perbanyak link

Di zaman sekarang tidak hanya cukup untuk memiliki keahlian unik dalam mendapatkan pekerjaan lho! Anda juga dituntut untuk memperbanyak link, maksudnya perluaslah pergaulanmu.

Coba untuk keluar dari zona nyaman tidak ada salahnya. Jadi, semakin luas link yang Anda miliki, tentunya semakin luas juga pergaulan dan pengetahuanmu. Tentunya itu mempermudah Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini