Sukses

Kencan Juga Telan Biaya Tinggi, Apa Sajakah Itu?

Kalau Anda dan pasangan sering kali pergi kencan maka juga bisa menguras uang.

Liputan6.com, Jakarta - Menjalin hubungan atau berpacaran kini biayanya lebih mahal. Apalagi kalau Anda dan pasangan sering kali pergi kencan maka bisa menghabiskan uang.

Berdasarkan data, kalau orang Amerika Serikat (AS) menghabiskan rata-rata biaya US$ 20 ribu atau sekitar Rp 266,38 juta (asumsi dolar AS di kisaran Rp 13.319) untuk kencan dalam sepanjang hidup mereka. Biaya tersebut biasanya untuk makan malam dan nonton film di bioskop.

Lalu biaya apa yang biasanya menguras penghasilan ketika sedang berkencan atau menghabiskan waktu berdua bersama dengan pasangan? Mengutip laman Wisebread, seperti ditulis Rabu (15/2/2017), biaya-biaya itu antara lain:

1. Tiket nonton

Salah satu biaya kencan paling habiskan uang yaitu saat nonton film di bioskop. Anda harus membeli popcorn, minuman ringan, dan lainnya. Di AS, jika Anda beli popcorn berukuran besar, dua minuman ringan berukuran kecil, dan permen berukuran besar maka Anda akan habiskan biaya sekitar US$ 22,25. Dari pada pergi makan malam dan nonton film di bioskop, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat kegiatan masak di rumah bersama keluarga dan pasangan.

2. Makan malam di luar

Berdasarkan studi pada 2015, biaya makan di sebuah restoran dapat mencapai US$ 12,17-US$ 88 per orang di AS. Namun itu bergantung menu apa yang dimakan termasuk tempat tinggal.

Wisebread melaporkan, sebagai alternatif untuk menghemat biaya makan malam, Anda dapat mencoba restoran lebih murah atau festival makanan lokal. Bahkan Anda juga dapat membuat pasangan terkesan dengan masak makanan untuk pasangan Anda saat kencan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiket Konser

3. Tiket konser

Anda dan pasangan mungkin punya hobi nonton konser terutama konser musik. Ternyata nonton konser ini juga salah satu biaya yang dapat menghabiskan biaya saat kencan.

4. Hadiah

Ketika Anda menemukan seseorang spesial, Anda dapat mulai khawatir soal biaya terutama memberi hadiah terbaik untuk seseorang tersebut. Rata-rata orang AS menghabiskan biaya US$ 25 per tahun untuk bunga. Pada Valentine, rata-rata biaya yang dikeluarkan dapat mencapai US$ 146,84.

Biasanya pasangan memberikan hadiah saat ulang tahun, perayaan jadian, dan acara spesial lainnya. Bila Anda dan pasangan ingin menghemat biaya. Apalagi bila Anda dan pasangan sudah siap ke jenjang serius dan merencanakan pernikahan biasanya membutuhkan biaya besar. Untuk berhemat saat kencan, Anda bisa menanyakan kepada pasangan kegiatan apa yang disukai.

Pergi nonton ke bioskop dan makan malam bisa menyenangkan, tetapi setiap pasangan memiliki acara kencan yang luar biasa. Berikut sejumlah ide saat kencan dengan biaya yang murah:

1. Pergi jalan-jalan ke suatu tempat favorit berdua. Atau naik sepeda bersama.

2. Melakukan kegiatan antara lain rock climbing, olahraga bersama, dan kegiatan aktif lainnya.

3. Mengunjungi museum. Anda dan pasangan dapat mengunjungi museum, dan biasanya biaya mengunjungi museum tak terlalu mahal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini