Sukses

Menikmati Pemandangan Alam di Trans Papua

Jalan Trans Papua membelah bukit, melewati hutan, dan juga menyeberangi sungai.

Liputan6.com, Jakarta Trans Papua khususnya Papua Barat memang belum teraspal seutuhnya. Tapi jangan kecewa, meskipun belum beraspal, Anda tetap bisa menikmati perjalanan. Jalan Trans Papua ini membelah bukit, melewati hutan, dan juga menyeberangi sungai. Ada beberapa lokasi yang bisa memanjakan mata Anda.

Liputan6.com bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjajal langsung Trans Papua Barat pada akhir pekan lalu. Rombongan menjangkau jarak ratusan kilometer dan menemui beberapa tempat dengan pemandangan indah.

Berikut tempat-tempat tersebut:

1. Petik Bintang

Petik Bintang berada di kilometer (km) 259 dari titik 0 Sorong menuju Manokwari. Petik Bintang merupakan bagian dari segmen I Trans Papua Barat.

Petik Bintang merupakan titik tertinggi di Trans Papua Barat. Ia terletak di ketinggian 1.001 meter di atas permukaan laut. Dari tempat ini, orang bisa melihat pemandangan hijau hutan Papua Barat.

Kondisi saat ini, jalan tersebut sudah terbuka dan bisa dilewati mobil. Namun, tak sembarang mobil bisa melintas karena jalan masih berlapis tanah dan batu. Serta, jalannya cukup menanjak.

Petik Bintang, Papua.

Petik Bintang, Papua.

Petik Bintang, Papua.

2. Kebar

Masih di segmen I Trans Papua Barat, terdapat wilayah bernama Kebar. Di sini, terdapat padang rumput yang luas dan dihiasi oleh perbukitan sebagai latar belakangnya.

Jelas saja, pemandangan ini membuat orang betah menatapnya. Terlebih, udara di Kebar sejuk.

Kebar Papua

Kebar Papua.

3. Gunung Botak

Gunung Botak terletak di segmen II Trans Papua Barat. Gunung Botak terletak di km 160 dari Manokwari ke arah Windesi.

Di tempat ini terdapat bukit-bukit yang hanya ditumbuhi rumput. Pemandangan menjadi elok karena bukit ini berdampingan dengan lautan biru.

Sebagai informasi, Trans Papua untuk Papua Barat terdiri dari dua segmen. Segmen I yakni menghubungkan Sorong-Kambuaya-Manowari dengan total panjang 594,91 km.

Sementara segmen II melintas Manokwari-Wasior-Batas Provinsi Papua dengan panjang 475,81 km. Total panjang untuk Trasn Papua Barat mencapai 1.070,62 km.

Gunung Botak Papua.

Gunung Botak Papua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.