Sukses

​Ingin Hemat Saat Liburan? Lakukan ​Cara​ Ini

Ada sejumlah cara agar mendapatkan liburan murah meriah. Berikut caranya untuk dapatkan liburan murah meriah.

Liputan6.com, Jakarta - Berlibur tak harus mahal. Yang penting saat liburan bisa dinikmati, menambah pengetahuan, lebih dekat bersama keluarga, dan pastinya bisa menyegarkan pikiran serta menghilangkan stres.

Tentu ada cara yang bisa dilakukan jika mau liburan murah meriah. Selain Anda harus punya persiapan yang matang mulai dari cari tahu tujuan wisata, tempat tinggal hingga menyiapkan anggaran yang murah meriah, liburan hemat setidaknya dapat memberikan suatu pengalaman yang bisa Anda kenang.

Melansir laman belfastlive, seperti ditulis Sabtu (4/3/2017) berikut beberapa tips untuk membantu Anda agar bisa berhemat saat berlibur dan menikmati perjalanan yang menarik:

1. Jangan bepergian saat musim liburan

Anda harus memiliki waktu yang fleksibel jika ingin bepergian, sebaiknya pilih waktu jangan saat musim liburan anak sekolah atau libur panjang lebaran dan akhir tahun.

Karena jika bepergian di waktu itu, dipastikan tiket pesawat maupun penginapan akan naik drastis. Sebaiknya sebelum bepergian lakukan sedikit riset untuk membandingkan tanggal dan penginapan dari situs web wisata, kemudian pemeriksa harga penerbangan maupun hotel yang kamu inginkan. Pilihlah harga yang sesuai dengan dana yang Anda miliki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertimbangkan Sewa Villa


2. Bandingkan sekitar 4 sampai 5 situs web wisata

Saat meriset untuk melakukan tujuan wisata melalui website, setidaknya cari perbandingan antara 4 sampai 5 situs, karena Anda akan punya gambaran tentang harga yang bisa disesuaikan dengan dana yang akan disiapkan.

Sedikit tips, terkadang justru pemesanan di jam-jam terakhir biasanya lebih murah, pastikan Anda sudah punya dana di tabungan yang sudah dipersiapkan lama dan ketika harga berubah jauh lebih rendah, segera lakukan pemesanan. Namun Anda memang harus rajin dan sering lakukan pengecekan harga sebelum bepergian.

3. Pertimbangkan menyewa Apartemen atau villa jika liburan bersama rombongan atau keluarga besar

Sebelum memesan akomodasi penginapan, jika bepergian bersama rombongan teman atau dengan keluarga besar, sebaiknya pertimbangkan untuk lebih memilih apartemen atau villa daripada beberapa kamar hotel.

Karena cara ini lebih hemat. Anda hanya membayar untuk satu ruangan namun bisa dihuni oleh banyak orang, sedangkan memesan hotel harus butuh beberapa kamar, dan pastinya uang yang dikeluarkan juga lebih banyak.

3 dari 3 halaman

Bawa Barang Seperlunya



4. Bawa barang seperlunya

Saat bepergian menggunakan pesawat, usahakan tidak membawa terlalu banyak tas dan barang. Hal ini untuk menghindari membayar biaya kelebihan bagasi. Kebanyakan orang saat berlibur terbiasa membawa banyak barang, sehingga saat check in dan bagasi kelebihan, harus membayar biaya lagi yang tidak sedikit.

Padahal uang tersebut seharusnya bisa digunakan untuk membeli keperluan atau kebutuhan lain saat berlibur. Dan tentu saja kelebihan bagasi jarang dimasukkan orang dalam daftar biaya saat liburan.

5. Selalu bawa keperluan pribadi

Beberapa penginapan atau hotel memang menyediakan kelengkapan pribadi seperti sabun, sampo atau sikat gigi. Tapi terkadang ada juga yang tidak menyediakan, atau tersedia namun tidak cocok dengan Anda.

Sebaiknya selalu bawa kelengkapan pribadi yang biasa digunakan. Karena di tempat wisata biasanya harga-harga bisa lebih mahal daripada tempat biasa. Misalnya sabun botol kecil harganya malah sama seperti botol besar atau bisa dua-tiga kali lebih mahal dari harga biasanya.

Saat Anda butuh ternyata harganya tak sesuai seperti bayanganmu. Jadi lebih baik sedia payung sebelum hujan, agar Anda pun tidak menyesal kemudian. Memang ini terlihat sepele, padahal ini adalah salah satu cara hemat yang paling sederhana.​

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini