Sukses

3 Cara Ini Bisa Bikin Karier Anda Kian Menanjak

Sudah bukan rahasia lagi jika seseorang ingin mencapai kesuksesan di tempat kerja, maka dibutuhkan kerja keras dan usaha yang terus-menerus.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi jika seseorang ingin mencapai kesuksesan di tempat kerja, maka dibutuhkan kerja keras dan usaha yang terus-menerus.

Memang untuk meraih karier yang dibilang sukses tidaklah mudah, banyak rintangan dan berbagai hal yang mesti dirasakan, karena dengan adanya rintangan ini Anda bisa tahu bagaimana cara mendapatkan karier yang sukses.

Dilansir dari Fortune, untuk mencapai sebuah kesuksesan dalam karier tidak bisa didapatkan hanya dalam waktu satu hari namun butuh waktu. Anda pun harus memiliki kepercayaan diri, mau terus belajar, perluas relasi, punya tujuan dan juga mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar agar semuanya bisa terwujud seperti yang diharapkan.

Berikut ini tiga cara yang bisa dilakukan untuk membuat karier menanjak di tempat kerja:

Berkontribusilah

Di awal karier, mungkin sesuatu yang wajar jika merasakan sedikit ketidaknyamanan. Terlebih jika berada di lingkungan baru dan belum bisa membuktikan diri di pekerjaan yang Anda tekuni.

Anda bisa memulainya dengan sesekali ikut melibatkan diri di proyek-proyek atau rapat perusahaan yang sedang berlangsung, karena dalam pekerjaan, tidak pernah ada kata terlalu dini untuk terlibat, hadapi tantangan yang ada, dan mulai berbagi perspektif atau beri masukan berharga untuk perusahaan. Yakinlah bahwa suara Anda unik dan penting.

Fokus dengan bagaimana cara membangun tim yang solid, melayani klien perusahaan sebaik-baiknya, dan berikan ide-ide cemerlang untuk kemajuan perusahaan, tentu untuk melakukannya Anda terlebih dulu harus percaya diri dan yakin dengan yang disampaikan.

Jika Anda meragukan diri sendiri, maka bagaimana Anda bisa membuat rekan kerja, klien potensial atau konsumen perusahaan juga percaya pada Anda?

Bersikaplah seperti profesional, perluas wawasan dengan menjalin hubungan dengan banyak orang serta jangan pernah berhenti belajar dan mencari pengalaman baru demi perkembangan karier Anda. 

Tingkatkan kemampuan

Selalu ada kesempatan untuk berlatih dan memperbaiki kemampuan yang telah Anda miliki, apalagi saat ini teknologi terus berkembang di segala bidang. Hal ini berlaku pada setiap titik dalam karier Anda, apakah Anda bekerja dalam keadaan magang atau telah bekerja bertahun-tahun di sebuah perusahaan

Misalnya, profesi Anda sebagai HRD atau personalia di perusahaan, maka Anda akan selalu berhubungan dengan para karyawan. Jangan pernah merasa puas dengan ilmu yang sudah Anda dapatkan selama ini, Anda harus terus mencari tahu dan belajar bagaimana untuk meningkatkan kemampuan di bidang SDM (Sumber Daya Manusia-red).

Tidak peduli di industri mana Anda berada, pastinya akan  terus ada perubahan maupun perkembangan, dan yang pasti keterampilan baru akan selalu dibutuhkan. Selain itu jangan pernah bersikap anti kritik, jika ada masukan, anggap sebagai saran yang bisa membangun karier Anda ke depan.

Sebuah kemauan untuk belajar merupakan karakteristik penting untuk berhasil dalam karier. Jadilah percaya diri dan jangan sungkan juga meminta masukan atau bantuan dari rekan kerja jika Anda merasa tak mampu menghadapi masalah. Perlu diingat, terkadang semua peluang dan perkembangan karier yang profesional bisa saja datang ketika Anda meminta bantuan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersikap Fleksibel



Bersikap Fleksibel

Berhasil dalam dunia bisnis dan kerja saat ini bukan hanya bekerja 8 jam sehari mulai dari pukul 9 pagi sampai 5 sore. Jangan hanya terpaku dengan jam kerja kantor, yang utama adalah bagaimana pekerjaan yang Anda lakukan berkualitas dan dihargai oleh perusahaan.

Budaya bisnis saat ini jauh lebih fleksibel daripada di masa lalu, sehingga karyawan berbakat bisa mengurus diri sendiri, fokus pada kualitas kerja, dan menikmati apa yang mereka lakukan. Sukai pekerjaan Anda, dan miliki etos kerja serta tanamkan pikiran bahwa Anda bangga dengan pekerjaan yang dilakukan setiap harinya. 

Hal ini setidaknya akan membuat Anda bersemangat dalam bekerja dan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik, sehingga akan berdampak positif bagi kemajuan karir Anda ke depan.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini