Sukses

12 Negara dengan Biaya Hidup Termurah

Seringkali impian melancong ke negara lain masih belum bisa terwujud karena kekhawatiran tingginya biaya hidup di negara tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Apakah ada di antara kamu yang ingin berlibur dan melakukan perjalanan ke luar negeri dalam waktu lama?.

Namun impian tersebut masih belum bisa terwujud karena keterbatasan dana dan khawatir dengan mahalnya biaya yang akan dikeluarkan.

Tenang, sebenarnya ada beberapa negara yang tetap bisa dikunjungi tanpa mengeluarkan uang banyak. Sebab negara-negara ini dikenal memiliki biaya hidup yang murah.

Lengkapnya, seperti melansir Business Today, Minggu (12/3/2017), berikut 12 negara dengan biaya hidup termurah dan bisa menjadi tujuan liburan dalam waktu lama:

 1. Afrika Selatan

Jika kamu ingin berkunjung ke sebuah kota besar di Afrika Selatan seperti Cape town, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 5 juta untuk biaya hidup per bulan.

Sementara untuk sewa satu kamar tidur apartemen rata-rata harga yang harus dibayar sekitar Rp 3,5 juta per bulan.

Bahan makanan dan barang-barang konsumsi di sini juga lebih murah dibandingkan dengan kota-kota besar seperti New York.

Afrika Selatan merupakan produsen tambang terbesar dunia yang menghasilkan platinum, emas dan kromium, sehingga melengkapi perkembangan ekonomi dan meningkatkan daya beli warganya.

2. India

India masuk dalam urutan kedua untuk harga sewa tempat tinggal termurah per bulan. Begitu juga untuk harga jual barang-barang lokal dan jasa.

Daya beli di negara ini 20,9 persen lebih rendah dibandingkan dengan New York. Bahan makanan dan barang konsumen juga relatif lebih murah.

3.  Kosovo

Terletak di Eropa Timur, Kosovo berbatasan dengan Serbia dan Albania yang memiliki populasi penduduk sebanyak 1,9 juta jiwa. Jika Anda tinggal di ibu kota Pristina, pengeluaran pribadi hanya sekitar Rp 4,4 juta setiap bulan.

Sedangkan untuk sewa apartemen bulanan rata-rata seharga Rp 3,6 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Arab Saudi

Masuk ke peringkat keempat adalah Arab Saudi yang memiliki perekonomian yang kaya dari bisnis minyak dan gas bumi. Negara kaya ini memiliki PDB per kapita US$ 24.161 atau setara dengan Rp 322,450 juta.

Hal ini yang membuat daya beli Arab Saudi 33,6 persen lebih tinggi negara-negara yang masuk dalam daftar ini. 

Harga bahan makanan dan barang-barang konsumen juga lebih tinggi, Namun, harga bahan bakar merupakan yang termurah di Arab Saudi.

5.  Kazakhstan

Biaya sewa apartemen bulanan di Kazakhstan disebutkan 88,9 persen lebih murah dibandingkan dengan New York, dengan harga sekitar Rp 5 juta untuk lokasi yang berada di daerah pusat kota.

Sedangkan harga sepotong roti berkisar Rp 3.800 dan untuk satu liter susu adalah Rp 12.000.

6. Zambia

Zambia masuk urutan keenam dengan biaya hidup termurah, karena memiliki daya beli 50 persen lebih tinggi dibanding negara lainnya. Selain itu harga barang dan jasa juga murah di sini.

7.  Oman

Seperti negara-negara Timur Tengah lainnya, Oman kaya akan minyak dan gas yang membuat  perekonomian di negara ini maju. Dengan daya beli masyarakat yang tinggi sekitar  57,5 ​​persen, harga jual barang-barang relatif murah.

3 dari 3 halaman

8. Paraguay


Jika Anda tinggal di Asuncion, ibukota negara Paraguay, biaya hidup yang dibutuhkan hanya sekitar Rp 4,8 juta per bulan. Sewa apartemen juga murah, rata-rata kurang dari Rp 3,4 juta.

9. Republik Ceko

Republik Ceko memiliki keseimbangan yang baik antara biaya barang yang rendah dan daya beli yang tinggi dengan PDB per kapita US$ 19.500 atau sekitar Rp 260 jutaan.

Ini berarti penduduk setempat dapat membeli barang lebih banyak, dan membayar sewa murah untuk tempat tinggal dengan pendapatan mereka.

10. Macedonia

Macedonia, yang terletak di utara Yunani, adalah rumah dari kota-kota kuno di jaman Kekaisaran Ottoman. Untuk sewa tempat tinggal di Macedonia, 94 persen lebih murah dibandingkan dengan New York.

Selain itu harga jual barang dan jasa di negara ini juga masuk yang terendah, sehingga membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk hidup murah.

11.  Bosnia dan Herzegovina

Negara di Eropa Timur ini merupakan tempat yang memiliki banyak sungai dan pegunungan. Tak heran lokasi ini menjadi salah satu tujuan populer untuk pendaki gunung dan pecinta alam.

Negara ini memiliki daya beli 40,3 persen lebih rendah ditambah dengan harga jual yang rendah untuk barang dan jasa.

Sementara harga sewa tempat tinggal di wilayah ini sekitar 92,9 persen lebih murah dibandingkan dengan New York.

Di ibukota Sarajevo, biaya yang dibutuhkan per bulan untuk sewa tempat tinggal dan biaya hidup sekitar Rp 8 juta hingga Rp 9,2 juta.

12. Polandia

Polandia merupakan salah satu negara dengan tujuan wisata populer. Harga barang, bahan makanan dan jasa di negara ini relatif sangat murah ditambah dengan daya beli masyarakatnya yang rendah yakni sekitar 26 persen.​


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini