Sukses

10 Trik Temukan Ide untuk Jalani Bisnis

Terkadang inspirasi itu datangnya terlambat, maka diperlukan ketelitian untuk menemukan ide bisnis.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu ciri pengusaha sukses yaitu mereka mampu dapat memecahkan masalah rumit. Misalkan ketika mereka harus meningkatkan kualitas dan menghadirkan sesuatu berbeda untuk ditawarkan kepada konsumen.

Atau menemukan sesuatu yang belum ditawarkan kepada produsen sebelumnya. Selain itu, menemukan ide bisnis yang baik dan memiliki kemampuan untuk merealisasikan menjadi satu hal yang luar biasa ketika memulai menjalani bisnis.

Bila Anda ingin memiliki bisnis, dan masih bingung apa usaha yang akan dijalani, coba mengeksplore sejumlah hal ini untuk menemukan ide bisnis dan memecahkan suatu masalah saat sedang menjalani bisnis. Berikut 10 hal untuk menemukan ide bisnis seperti dikutip dari businessnewsdaily.com, Minggu (26/3/2017):

1.Ponsel pintar

Di era aplikasi sekarang, banyak aplikasi yang ditemui. Namun tak semua aplikasi itu berguna untuk seseorang. Mungkin aplikasi yang sudah Anda unduh ternyata fungsinya tidak seperti yang Anda harapkan. Hal ini dapat menjadi peluang bagi Anda menciptakan sebuah aplikasi yang lebih sempurna dan dapat memberikan apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh masyarakat.

Coba tanya Anda teman, keluarga dan jaringan atau kolega Anda mengenai aplikasi yang sebenarnya dibutuhkan. Kemudian coba Anda bangun aplikasi tersebut, bila Anda kurang ahli dalam bidang teknologi, mungkin Anda bisa bekerja sama dengan seseorang ahli teknologi atau bahkan mempekerjakan ahli teknologi.

2. Mesin pencari

Anda bisa menggunakan mesin pencari untuk membantu menemukan ide bisnis. Terutama bagi Anda yang dapat membuat produk yang bisa dibuat sendiri, ini jadi bisnis yang menguntungkan. Atau melihat forum untuk mencari produk sama yang Anda ingin jual, kemudian buka toko online untuk menjual produk tersebut.

3. Media sosial

Salah satu hal seseorang yang dilakukan di media sosial yaitu menyuarakan keluhan kehidupan mereka sehari-hari. Namun, jika Anda memperhatikan cukup dekat dengan hashtgas dan update status, mungkin Anda bisa menjadikan peluang untuk menemukan ide bisnis. Anda bisa menawarkan solusi ketika mereka mengeluhkan mengapa tidak ada ini, atau saya berharap ada ini.

4. Review Online

Dengan media sosial, orang suka membicarkaan mengenai produk yang mereka beli. Kebanyakan konsumen akan membaca dan menggunakan review negatif untuk menghindari produk tertentu. Coba lihat apa yang menjadi keluhan konsumen, kemudian coba Anda temukan ide bisnis untuk memecahkan masalah mereka.

5. Rumah Anda

Coba lihat di sekitar rumah dan apartemen Anda. Apakah Anda mengalami keluhan soal ventilasi udara berdebu, kamar mandi berantakan, dan halaman atau kebun yang berantakan. Jika Anda melihat hal tersebut di rumah Anda sendiri, maka ada kesempatan orang lain alami masalah sama. Coba Anda membantu orang lain untuk menangkap peluang mendapatkan penghasilan tambahan dengan mengurus pekerjaan rumah tangga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lingkungan

6. Lingkungan Anda

Orang-orang yang tinggal dekat dengan Anda dapat menjadi inspirasi untuk mendapatkan ide-ide bisnis. Pikirkan tentang demografi lingkungan dan masyarakat setempat. Bila banyak memiliki anjing peliharaan, Anda bisa mencoba bisnis perawatan hewan. Atau banyak para orangtua atau lansia, Anda bisa membukan layanan untuk memberikan perawat kesehatan.

7. Kantor 

Jika Anda ingin memulai bisnis paruh waktu, coba tanyakan dengan rekan kerja Anda mengenai produk apa yang diinginkan mereka. Lewat obrolan dengan rekan kerja, mungkin Anda bisa menemukan ide bisnis untuk menawarkan suatu produk kepada mereka.
Atau bila Anda memiliki keahlian dalam bidang musik dan seni, bisa tawarkan kepada rekan kerja untuk memberikan les kepada anak-anaknya.

8. Toko

Apakah Anda seorang pecinta makanan? Bila Anda melihat sesuatu yang masih kurang dari toko tempat biasa Anda kunjungi, maka bisa menemukan suatu ide bisnis. Anda bahkan bisa mencoba ide bisnis kuliner dengan menawarkan suatu hal berbeda misalkan makanan sehat. Atau mencoba food truck.

9.Pusat perbelanjaan

Meski pun Anda belum terpikirkan untuk membuka bisnis atau toko di pusat perbelanjaan, Anda bisa menemukan ide bisnis di pusat perbelanjaan. Misalkan Anda meluncurkan produk kosmetik buatan sendiri. Atau juga menjual pakaian yang berbeda dari yang ditawarkan di pusat perbelanjaan tersebut.

10. Sekolah Anak

Jika Anda orangtua, mungkin Anda akan berpikir keras untuk menemukan ide bisnis sehingga dapat membantu biaya pendidikan anak. Bahkan lewat sekolah, Anda bisa menemukan ide bisnis sehingga menawarkan produk yang dibutuhkan orangtua terutama saat menunggu anak-anaknya di sekolah. (Dian Ayu)

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini