Sukses

Harga Cabai Rawit Merah Terjun ke Rp 85 Ribu per Kg

Harga cabai rawit merah tiga hari lalu di kisaran Rp 130 ribu per kg, sekarang sudah menjadi Rp 85 ribu per kg.

Liputan6.com, Jakarta - Harga cabai rawit merah turun yang tajam di pasar tradisional menuju akhir pekan ini. Kini, harga cabai rawit merah dijual Rp 85 ribu per kilogram (kg). Penurunannya mencapai RP 45 ribu per kg.

Hadi Sukarto (48), pedagang Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, mengatakan, penurunan harga terjadi dalam tiga hari terakhir. Harga cabai sebelumnya atau tiga hari lalu di kisaran Rp 130 ribu per kg, sekarang sudah menjadi Rp 85 ribu per kg. Dalam tiga hari tersebut harga cabai merah turun Rp 45 ribu per kg.

"Sudah pada turun, harga cabai rawit merah sudah di angka Rp 85 ribu per kg," kata dia kepada Liputan6.com, di Pasar Kebayoran Lama Jakarta, Jumat (24/3/2017).

Turunnya harga cabai rawit disebabkan pasokan yang cukup di Pasar Induk Kramatjati Jakarta. Harga cabai saat dipasok di pasar tersebut mencapai Rp 65 ribu-70 ribu per kg. "Sebelumnya dari pasar induk Rp 100 ribu per kg," ucap dia.

Sama seperti harga cabai rawit merah, harga bawang merah juga mulai melandai. Harga bawang merah kini Rp 36 ribu per kg. "Bawang merah juga turun, dari Rp 48 ribu per kg, turun lagi Rp 45 ribu, turun Rp 40 ribu. Sampai Rp 36 ribu per kg," ungkap dia.

Sobari (50) pedagang lain di Pasar Kebayoran Lama membenarkan hal tersebut. Harga cabai rawit merah kali ini turun tajam. Padahal, minggu lalu dia menjual cabai seharga Rp 120 ribu per kg.

"Rawit merah turun Rp 80 ribu per kg, tapi bisa naik lagi, baru berapa minggu ini, kemarin-kemarin Rp 120 ribu per kg," ujar dia.

Dia menambahkan, saat ini memasok cabai dari dengan harga kisaran Rp 70 ribu per kg. "Di Induk sekitar Rp 70 ribuan, di Induk ada Rp 80 ribu juga yang super," tandas dia.

Berikut ini harga bahan pangan berdasarkan pantauan Liputan6.com.

- Cabai rawit merah Rp 85 ribu per kg
- Cabai keriting merah Rp 40 ribu per kg
- Bawang merah Rp 36 ribu per kg
- Bawang putih Rp 40 ribu per kg
- Kol Rp 10 ribu per kg
- Wortel Rp 12 ribu per kg
- Kentang Rp 15 ribu per kg
- Sawi Rp 8 ribu per kg
- Daun bawang Rp 16 ribu per kg
- Timun Rp 8 ribu per kg
- Seledri Rp 25 ribu per kg
- Tomat Rp 8 ribu per kg.

(Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini