Sukses

6 Tips Bebas Stres Kerja Saat Libur Hari Raya Nyepi

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar bisa bebas stres saat libur Hari Raya Nyepi.

Liputan6.com, Jakarta - Libur memperingati Hari Raya Nyepi segera tiba. Bagi banyak orang, kesempatan liburan singkat ini sering digunakan sebagai pelepas penat setelah sepekan penuh bekerja.

Meski begitu, tidak jarang ada pegawai yang masih terbebani pekerjaan meski sedang menikmati masa liburan. Alhasil, rasa stres pun kerap menghampiri mereka.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar bisa bebas stres saat sedang menikmati masa liburan.

Berikut beberapa tipsnya melansir Inc.com, Senin (27/3/2017):

1. Kumpulkan pekerjaan yang belum rampung dalam satu tempat

Ada kalanya Anda memiliki beberapa pekerjaan yang belum rampung ketika waktu libur tiba. Beberapa pekerjaan ini dapat menghantui pikiran Anda selama liburan.

Agar lebih mudah diorganisir, Anda bisa memasukkan pekerjaan tersebut dalam satu folder tertentu. Hal ini akan membantu Anda apabila harus mengakses data di waktu tertentu.

2. Delegasikan tugas

Tidak semua pekerjaan bisa Anda lakukan ketika liburan. Cobalah untuk mendelegasikan pekerjaan kepada seseorang yang benar-benar bisa Anda percaya. Orang tersebut dapat membantu Anda untuk mengerjakan beberapa hal selama Anda sedang berlibur.

3. Buat jadwal untuk mengecek pekerjaan

Apabila Anda tidak ingin waktu beribur Anda terisi dengan mengurus urusan pekerjaan, maka Anda harus bijak untuk bisa mengatur waktu.

Coba sisihkan sebagian waktu yang Anda untuk melakukan pekerjaan seperti mengecek email. Waktu Anda yang lain dapat lebih dimaksimalkan untuk menikmati liburan yang ada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tegas menolak diganggu saat libur

4. Tegas menolak diganggu saat libur

Informasikan pada kolega atau atasan Anda dengan jelas dan sopan bahwa Anda tidak akan mengecek email kerja Anda hingga tanggal kembali yang sudah ditentukan. Anda memiliki hak untuk tidak dibebankan pekerjaan saat sedang liburan

5. Jauhi diri dari media sosial

Jangan lupa juga untuk menjauhkan diri dari media sosial. Selain bisa membuat Anda lebih fokus untuk menikmati waktu liburan, media sosial juga bisa membuat Anda teringat akan lingkungan kerja kantor.

Alih-alih bersenang-senang, nantinya pikiran Anda mungkin saja terbebani dengan pekerjaan yang belum rampung.

6. Habiskan waktu bersama orang terkasih

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan agar liburan singkat Anda bebas stress adalah dengan menghabiskan waktu tersebut bersama keluarga dan orang terkasih. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Mulai dari pergi ke tempat wisata hingga melakukan aktivitas bersama di rumah.

Apapun kegiatan yang Anda pilih, waktu yang dihabiskan bersama orang terkasih akan membuat liburan di Hari Raya Nyepi terasa bermakna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini