Sukses

10 Bisnis Hewan Peliharaan dan Ternak Paling Menguntungkan

Hewan apa saja yang bisa membuat keuntungan besar dalam berbisnis?

Liputan6.com, Jakarta - Berbisnis merupakan pekerjaan yang banyak dipilih masyarakat. Selain banyak jenisnya, Anda juga tidak diperintah oleh orang lain atau mengikuti aturan yang tidak sesuai dengan passion dan keinginan Anda. Berbisnis khususnya berdagang bisa memiliki strategi tersendiri dalam bekerja dan usaha.

Salah satu usaha yang dapat dijalankan adalah bisnis hewan peliharaan dan juga ternak. Di mana banyak orang yang membutuhkan hewan ternak untuk diambil bagian yang menguntungkannya, seperti susu dan daging pada sapi, kulit pada kambing dan telur serta dagingnya pada ayam.

Sedangkan untuk hewan peliharaan menjadi obat stres beberapa orang. Jika begitu hewan apa saja yang bisa membuat keuntungan besar dalam berbisnis?

Berikut ulasannya seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Hewan Peliharaan Kucing

Siapa sih yang tidak senang dengan kucing, mungkin beberapa orang tidak bisa memelihara kucing karena alerginya. Terlepas dari hal tersebut kucing merupakan salah satu hewan yang tingkat usahanya menghasilkan pendapatan yang tinggi.

Meskipun beberapa orang menentang, dan bagi umat islam sendiri kucing tidak boleh diperjual-belikan. Namun setidaknya bisnis sampingannya memadai, seperti menjual pakan, kAndang dan lainnya.

2. Ayam Ternak

Usaha ayam menjadi satu dari sekian banyak bisnis ternak yang populer dan juga mendatangkan keuntungan. Apalagi setiap lapisan masyarakat mengonsumsi makanan, banyak juga penjual makanan cepat saji yang menggunakan bahan utama yakni ayam.

Maka usaha ayam bisa dibilang akan mendulang keuntungan pasar karena tingkat kebutuhan yang tinggi.

3. Ikan hias

Bukan rahasia lagi jika ikan hias memiliki harga yang selangit baik dalam bisnis maupun modal usahanya. Namun ketika usaha Anda mulai besar, ikan hias bisa menjadi usaha yang sangat menjanjikan, apalagi ikan hias sangat banyak jenisnya baik dari pasaran harga sedang sampai tinggi.

Bisnis ikan hias ini memang lebih kepada hobi, sehingga agak sulit mempopulerkan bisnis ini. Namun jika sudah bisa menguasai pasar, maka Anda akan menuai keuntungan sangat besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ternak Burung

4. Ternak Burung

Beternak burung menjadi salah satu bisnis yang banyak dilakukan masyarakat. Berbagai lapisan masyarakat tidak ragu untuk memelihara burung dan membisniskannya. Terutama burung-burung yang memiliki corak indah, suara bagus, dan lincah luar biasa.

Namun beternak burung bukan hal gampang, selain sensitif terhadap lingkungan, pengembang biakannya juga cukup rumit. Untuk itu yang menjual mungkin banyak,namun yang beternak masih sedikit.

5. Hamster

Beberapa tahun yang lalu sempat ramai bisnis hamster, di  mana awalnya hewan peliharaan ini sangat mudah hamil dan melahirkan anak yang cukup banyak. Dari kemudahan mengembangbiakan itulah, penjualan hamster mulai marak dan meningkat dalam pasar.

Banyak orang yang memilih hamster karena hewan tersebut cukup kecil dan tidak memakan tempat atau biaya besar untuk perawatannya.

6. Ternak sapi

Ternak sapi menjadi pilihan para pebisnis besar, selain keuntungan yang besar, pangsa pasarnya juga besar. Terutama ketika Anda jual di musim lebaran, hari besar, dan juga ketika lebaran haji atau hari qurban.

Tak jarang pebisnis mendulang kesuksesan dan keuntungan besar. Namun dibalik keuntungan tersebut, banyak masyarakat yang ingin sapi yang sehat, terawat dan juga segar ketika dibeli. Maka sudah menjadi pekerjaan penjual atau pebisnis untuk merawat dengan baik.

3 dari 4 halaman

Kelinci

7. Kelinci

Anak atau mungkin Anda sendiri pernah memelihara kelinci kan? setiap orang pasti pernah membeli kelinci meskipun tak jarang berakhir tragis alias mengalami kejadian seperti sakit atau mati atau bahkan dipotong jika memang kelinci potong daging.

Namun usaha kelinci cukup memiliki nama di pasar hewan peliharaan. Untuk itu Anda bisa usaha hewan peliharaan kelinci. Namun menternakannya bukan hal mudah.

8. Ternak Lele

Beternak lele merupakan ternak selanjutnya yang bisa jadi pilihan Anda. Di mana lele yang sehat dan dirawat dengan baik memiliki gizi yang baik dan omega3 yang sangat sehat untuk anak-anak.

Untuk itu penting mengonsumsi lele dengan kadar standar, karena bisa meningkatkan kepintaran otak. Jika ingin menjual untuk dikonsumsi Anda bisa memilih ternak lele. Bagaimana pasarnya? sangat menguntungkan, terutama lele sangat mudah hidup.

4 dari 4 halaman

Anjing

9. Anjing

Anjing menjadi pilihan peliharaan lucu dan keren selanjutnya yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Puppy atau anak anjing sering dibisniskan terutama bagi mereka yang pecinta hewan peliharaan. Tentu keuntungan menjual beli anjing jangan dikatakan, mereka sangat untung.

10. Ternak Kambing

Ternak kambing sering dijadikan investasi tersendiri, karena penjualan kambing yang tinggi. Anda juga bisa memilih untuk ternak kambing jika ingin mendulang usaha besar.

Kambing cukup sering digunakan di Indonesia, untuk konsumsi, lebaran, untuk acara besar seperti kurban, aqiqah dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini