Sukses

Menhub Cek Kesiapan Terminal 3 Soetta Layani Rute Internasional

Pemindahan penerbangan internasional dari Terminal 2D dan 2E ke terminal 3 Bandara Soekarno Hatta akan dilakukan secara bertahap.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengunjungi Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Selasa ini. Kunjungan tersebut untuk melihat kesiapan terminal tersebut untuk melayani penerbangan internasional.

"Rencananya kan mulai April itu penerbangan internsional sudah pindah ke sana, jadi ini untuk melihat bagaimana kesiapannya, kalau ada yang kurang, apa yang mesti diperbaiki," kata Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Agoes Soebagio kepada Liputan6.com, Selasa (28/3/2017).

Budi karya akan mengunjungi Terminal 3 pada pukul 15.00 WIB. Dijadwalkan hadir menemani Menhub diantaranya Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, Direksi PT Angkasa Pura II (Persero) dan pejabat Kemenhub lainnya.

Dipaparkan Agoes, jelang pengoperasian penerbangan internasional dari Terminal 3 tersebut, beberapa hari lalu tim dari Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub sudah melakukan berbagai survei dan kajian mengenai kelayakannya.

"Tim itu sudah terjun di sana beberapa hari lalu, nanti sekalian ada Pak Menhub, sekalian tim itu melaporkan kondisi Terminal 3, sehingga ada kepastian kapan siapnya," paparnya.

‎Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan seluruh penerbangan internasional di Bandara Soekarno-Hatta akan pindah ke Terminal 3 yang baru. Untuk mencapai hal tersebut, PT Angkasa Pura II saat ini terus melakukan persiapan yang dibutuhkan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemindahan penerbangan internasional dari Terminal 2D dan 2E akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama, penerbangan internasional milik Garuda Indonesia yang akan terlebih dulu pindah ke Terminal 3.

"Untuk internasional bertahap, tadi Pak Awal (Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin) sampaikan ada dua tahap. Kita akan upayakan April tahap pertama Garuda. Itu pindah dulu," ujar dia.

Sementara untuk maskapai lain, lanjut Budi, kembali akan dilakukan ‎secara bertahap. Namun dia menargetkan pada Juli seluruh penerbangan internasional telah menggunakan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.