Sukses

Pikirkan 4 Hal Ini Sebelum Pinjamkan Uang ke Orang Lain

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memberi uang pinjaman.

Liputan6.com, Jakarta Satu hal yang dapat dilakukan apabila seseorang sedang dilanda kesulitan finansial adalah dengan meminjamkan uang. Hal ini bisa dilakukan pada siapa saja, baik pada teman hingga kerabat keluarga.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memberi uang pinjaman. Apabila tidak hati-hati, persoalan peminjaman uang ini bisa membuat hubungan pertemanan dan persaudaraan retak.

Berikut empat hal yang harus Anda perhatikan saat meminjamkan uang, melansir cheatsheet.com, Kamis (30/3/2017)

1. Tahu kondisi finansial

Apabila Anda memiliki uang lebih yang bisa dipinjamkan, maka hal ini tidak akan menjadi masalah. Namun apabila kondisi keuangan sedang tidak dalam kondisi baik, jangan memaksakan diri untuk membantu.

Alih-alih membantu, nantinya kondisi keuangan Anda justru bisa berubah menjadi lebih buruk.

2. Perjelas perjanjian

Perjanjian ini akan memudahkan Anda dengan pihak peminjam bertransaksi. Selain itu, dengan adanya perjanjian Anda pun bisa menentukan batas waktu terbaik untuk uang yang dipinjam bisa dikembalikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahu apa tujuan meminjam uang

3. Tahu apa tujuan memberikan pinjaman

Sejak awal, lihat tujuan rekan Anda meminjam uang. Jika tujuannya untuk bisnis, Anda boleh saja mempertimbangkan untuk meminjamkannya.

Jika uang yang ia pinjam untuk konsumsi pribadi, belanja kebutuhannya, lebih baik Anda tidak seroyal itu untuk memberikannya.

4. Jelaskan apa yang dipinjam

Merasa tidak enak merupakan awal dari kesialan. Meskipun hal tersebut disebut adat atau budaya di Indonesia. Namun pada akhirnya akan menyulitkan diri sendiri.

Nah, jika meminjamkan barang jelaskan seberapa penting barang tersebut. Hal ini dilakukan agar orang yang meminjam bisa bertanggung jawab dengan baik dengan pinjamannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.