Sukses

10 Bank Sepakat Fasilitasi Pembayaran Kereta Bandara Soetta

Penandatanganan tersebut terkait pemberian fasilitas pembayaran untuk pembelian tiket KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Liputan6.com, Jakarta PT Railink, sebagai anak usaha dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero) hari ini menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan 10 bank. Penandatanganan tersebut terkait pemberian fasilitas pembayaran untuk pembelian tiket KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Direktur Utama Railink Heru Kuswanto menjelaskan dengan kesepakatan ini diharapkan bisa memberikan kemudahan para calon pengguna kereta bandara nantinya.

"Jadi kita tidak akan menerbitkan kartu khusus untuk kereta bandara seperti KRL, karena kita buka akses untuk 10 bank ini. Dengan begitu masyarakat yang punya kartu perbankan bisa digunakan untuk pembayaran," tegas Heru di Gedung Jakarta Railways Centre (JRC), Selasa (11/4/2017).

Adapun 10 perbankan yang memfasilitasi pembayaran KA Bandara ini adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Selain itu dari bank swasta ada Bank CIMB Niaga, Bank Danamon, Bank BCA, Bank QNB, Maybank dan Bank DKI.

Heru menambahkan, nantinya pembayaran ini bisa dilakukan dengan fasilitas yang diberikan oleh masing-masing perbankan, mulai dari via internet hingga melalui ATM. Sedangkan kartu yang bisa digunakan adalah kartu Debet, Kartu Kradit‎ dan e-Money.

"Begitu juga dengan kalau ada warga negara lain yang datang ke Soetta, mereka bisa gunakan kartu pembayaran perbankan yang ada logonya Visa, atau sejenisnya," tegas Heru.

Sementara di kesempatan yang sama Plt Direktur Komersial Railink Poerwanto Handry Nugroho menambahkan sistem transaksi yang digunakan dalam KA Bandara Soetta ini adalah hasil karya anak bangsa yang dinamakan Airport Railway Ticketing System (ARTS).

ARTS ini dibuat secara mandiri oleh para programer yang ada di PT Railink dan PT KAI. Dengan begitu bisa memberi nilai tambah bagi perusahaan dan masyarakat berupa layanan yang lebih mudah, cepat, nyaman, dan non tunai.

"Jadi masyarakat bisa beli mulai dari website Railink, mobile apps, dan vending machine. Nanti setelah dibayar masuk gate bisa tinggal scan QR Code saja," tutupnya.

Kereta Bandara Soetta ini akan dioperasikan perdana pada Juli 2017. Untuk tahap awal, Railink akan mengoperasikan 1 train set dengan rute Stasiun Sudirman Baru ke Bandara Soekarno Hatta. Secara bertahap nantinya hingga akhir tahun akan ada 10 train set dengan rute bisa diperpanjang sampai ke Stasiun Manggarai. (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.