Sukses

Perumnas Bakal Jual Rumah Murah, Cek Lokasinya

Perumnas akan meresmikan pembangunan rumah di kawasan Parung Panjang pada akhir tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Perum Perumnas akan meresmikan pembangunan rumah murah di pinggir Jakarta. Rumah tersebut akan dibangun di Cibungbulang dan Parung Panjang Bogor.

Direktur Produksi Perum Perumnas Kamal Kusmantoro mengatakan, Perumnas akan meresmikan terlebih dahulu pembangunan rumah di Cibungbulang atau sekitar bulan Juli. Rumah ini tidak jauh dari Kampus Intitut Pertanian Bogor (IPB).

"Ada yang di Cibungbulang, kita punya tanah 40 hektare (ha). Lokasi kampus IPB maju lagi, 2-3 km dari kampus IPB. Arah Leuwiliang," kata dia kepada Liputan6.com seperti ditulis, Sabtu (22/4/2017).

Rencananya, Perumnas akan membangun 2.300 rumah. Separuh dari rumah tersebut akan diperuntukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). "Untuk rumah murah kurang lebih 1.200 unit, Juli kita launching. Kita lagi urus izin. Kalau tanahnya sudah ada 40 ha," ungkap dia.

Terkait harga, Kamal menyebut sekitar Rp 133 juta untuk Masyarakat berpenghasilan Rendah (MBR). Sementara rumah sederhana di kisaran Rp 200 juta-300 juta.

"Rencana seluruhnya 2.300 unit dan untuk 1.200 unit untuk MBR dengan harga sesuai FLPP wilayah Bogor yaitu Rp 133 juta, untuk RS harganya Rp 200 juta-300 jutaan," jelas dia.

Selanjutnya, Perumnas akan meresmikan pembangunan rumah di kawasan Parung Panjang pada akhir tahun. Perumnas bakal menyediakan lahan seluas 56 ha. "Parung Panjang rencananya 56 ha, iya lebih besar," ujar dia.

Namun begitu, dia menuturkan, masih terdapat lokasi yang belum dibebaskan seutuhnya. Hal ini membuat Perumnas belum bisa menentukan harga jual rumah. "Belum dihitung karena belum bebas, karena ada tanah kantung pengaruh harga," tandas dia. (Amd/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini