Sukses

7 Cara Tingkatkan Kemampuan Diri

Investor Warren Buffett mengatakan investasi terbaik yang dapat dibuat seseorang yaitu investasi diri sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu investor legendaris Warren Buffett mengatakan investasi terbaik yang dapat dibuat seseorang yaitu investasi dirinya sendiri.

Ekonom juga menyebutkan investasi diri sendiri yaitu mengembangkan kemampuan. Kata lainnya, jika Anda investasi waktu dan energi untuk belajar kemampuan baru maka Anda tidak menyesal soal keamanan keuangan dan menemukan pekerjaan.

Berikut sejumlah cara untuk meningkatkan dan investasi bagi diri Anda, seperti dikutip dari laman Lifehack, Rabu (25/4/2017):

1. Dapatkan sertifikat

Belajar seharusnya tidak berhenti.Meski Anda baru lulus, begitu banyak cara untuk tetap belajar. Coba ikuti kursus manajemen dan bidang lainnya sesuai dengan pekerjaan yang digeluti.

Saat ini banyak kursus yang dibuat secara fleksibel jadi Anda tidak terlalu membuang waktu dari pekerjaan. Kursus ini juga secara rutin memperbaharui informasi mengenai tren industry Anda.

2. Ikut grup

Dengan mengikuti sebuah grup maka dapat menciptakan jaringan baru dengan sejumlah orang. Punya teman baru dapat menambah pengalaman dan belajar dari mereka. Setiap orang baru yang ditemui akan memberikan perspektif dan ide baru yang mungkin dapat direalisasikan di dunia kerja.

3. Membaca

Mulai dari Bill Gates hingga Elon Musk, orang-orang sukses ini mengatakan kalau kebiasaan membaca menjadi kunci meraih kesuksesan. Kebiasaan membaca dapat mengubah hidup Anda. Anda dapat mulai membaca hanya beberapa halaman setiap hari, dan lakukan seterusnya.

4. Belajar dari teknologi

Ada teknologi membuat permainan menjadi tempat belajar menyenangkan. Dengan begitu banyak aplikasi yang dibuat untuk pembelajaran seperti games ini dapat membuat belajar menjadi hal menyenangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keluar dari Zona Nyaman

5. Keluar dari zona nyaman

Coba belajar kemampuan yang sebelumnya tidak pernah dipertimbangkan. Jangan pernah merasa takut kelihatan konyol karena sesuatu tidak nyaman. Meski Anda tidak terlalu mahir untuk kemampuan baru itu coba terus berusaha sehingga meningkatkan kepercayaan diri Anda.

6. Telusuri kemajuan Anda

Jika Anda memutuskan investasi di waktu dan uang untuk meningkatkan kemampuan baru sehingga mendapatkan kualifikasi baru maka pantau kemajuannya. Pantau berapa jam yang dihabiskan untuk membaca dan belanjar hal baru.

Dengan memantau kemajuan Anda belajar maka bisa tahu seberapa besar perkembangan Anda. Mungkin Anda pernah dengar filosofi Jepang Kaizien. Ini adalah sistem yang terus menerus untuk memperbaiki dan bertahap.

Ini digunakan perusahaan Jepang untuk mengembangkan sektor manufaktur kelas dunia. Namun sistem ini juga dapat digunakan untuk membantu Anda mengembangkan potensi dan mengambil langkah kecil setiap hari untuk perbaiki diri.

7. Buat sesuatu yang nyata

Meluangkan waktu dan usaha untuk membuat sesuatu yang nyata merupakan cara bagus untuk tumbuh sebagai pribadi. Anda bisa mencoba membuat apa pun mulai dari melukis, membuat karya tulis, program computer. Ini tidak harus sempurna. Namun membuat sesuatu menciptakan rasa percaya diri dan mengurangi keraguan.

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.