Sukses

Jurus Pertamina Penuhi Pasokan BBM Saat Mudik Lebaran

Pertamina ingin menjamin agar masyarakat tetap mendapatkan pasokan BBM terutama saat menghadapi macet di jalan.

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) terus mencari cara guna memenuhi kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) saat momen mudik Lebaran 2017. Ini agar masyarakat tetap mendapatkan pasokan BBM terutama saat menghadapi macet di jalan.

Vice President Retail Fuel Marketing PT Pertamina (Persero) Afandi mengatakan, langkah yang akan dilakukan Pertamina untuk tetap bisa menyediakan BBM saat mudik Lebaran antara lain dengan mengeluarkan Pertamax kemasan. Produk tersebut menjadi andalan untuk memasok BBM bagi pemudik.

Afandi mengungkapkan, distribusi Pertamax kemasan mengikuti kondisi. Produk ini dijual di titik pemisahan jalur kendaraan bermotor dan tol baru yang belum tersedia Stasiun Bahan Bakar Umum (SPBU).

"Yang jelas gini kalau dulu kita tidak berfikir macet di tol sampai sekian jam. Kita dulu tidak berfikir siapkan BBM dalam kemasan. kita konsentrasinya siapkan BBM di SPBU. Sejak ada jalur motor di pisahkan lewat Karawang Utara dan sebagainya, di mana SPBU kita belum ada di situ kita siapkan kios Pertamax yang jualan Pertamax kemasan," kata Afandi di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta Rabu (26/4/2017).

Afandi melanjutkan, langkah lain dengan menyalurkan BBM langsung dari mobil tangki ke kendaraan. Hal ini untuk menyiasati pengisian BBM saat kondisi lalu lintas macet sehingga masyarakat tidak harus ke SPBU.

Nantinya pada mobil tangki akan dipasang alat penyaluran BBM sesuai standar SPBU, sehingga keakuratan takaran dan keamanan masi tetap terjamin.

"Mobil tangkinya ada nozzle (kran penyalur BBM), kayak di SPBU. Ide gila ini sudah tereksekusi. Kita jual BBM eceran yang lebih terstandarisasi," dia menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.