Sukses

Begini Cara Sopan Resign dari Kantor

“Semua akan resign pada waktunya.”

Liputan6.com, Jakarta - “Semua akan resign pada waktunya.” Pasti Anda pernah mendengar kalimat seperti itu. Resign merupakan suatu yang lumrah dan wajar terjadi di setiap perusahaan.

Memutuskan untuk resign dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya faktor eksternal maupun internal. Misalnya, saja Anda mendapatkan tawaran lain yang lebih baik di perusahaan lain, atau Anda memiliki masalah dengan rekan atau atasan di perusahaan.

Apapun alasan yang memutuskan Anda untuk mengundurkan diri dari perusahaan sebaiknya lakukan dengan baik-baik demi menjaga nama baik Anda.

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika memutuskan untuk mengundurkan diri dari sebuah perusahaan seperti dikutip dari Karir.com:

Sampaikan dengan lisan terlebih dahulu ke atasan Anda

Jika Anda sudah yakin ingin mengundurkan diri dalam keadaan yang baik dan tetap menginginkan hubungan baik dengan atasan, sebaiknya sampaikan rencana pengunduran diri secara lisan terlebih dahulu.

Dan pastikan bahwa atasan Anda adalah orang pertama yang mengetahui mengenai pengunduran diri Anda. Hal ini untuk menunjukan bahwa Anda sudah menghargai atasan Anda untuk tetap berhubungan baik dengannya.

Sampaikan sebulan sebelumnya

Tidak hanya memberikan laporan pengunduran diri melalui lisan, Anda harus tetap menyertakan surat sebulan sebelum tanggal resign.

Hal ini sangat penting dilakukan agar perusahaan memiliki waktu cukup untuk menggantikan posisi Anda. Sebab pengunduran diri yang mendadak akan merepotkan perusahaan dan membuat image Anda buruk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap produktif

Tetap produktif

Jika sudah mengajukan surat pengunduran diri, memang akan membuatmu lebih terlihat santai namun Anda masih memiliki kewajiban untuk menyelesaikan semua tigas-tugas yang belum rampung.

Biasanya, perusahaan akan memberikan waktu satu bulan sebelum Anda resign yang bisa digunakan untuk menuntaskan semua kewajiban dan memberikan kesempatan pada perusahaan untuk mendapatkan orang lain yang bisa menggantikan posisi Anda.

Dalam waktu sebulan sebelum Anda resign, akan terlihat seberapa profesionalnya Anda untuk menyelesaikan kewajiban hingga hari terakhir di perusahaan tersebut tiba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.