Sukses

Ditemukan di Pasar Barang Bekas, Cincin Ini Dihargai Rp 6 Miliar

Berlian yang menghiasi cincin tersebut ternyata memiliki nilai 26 karat dan berasal dari abad ke-19.

Liputan6.com, New York - Sebuah cincin kuno yang dibeli di tempat penjualan barang bekas 30 tahun lalu mampu menarik perhatian publik setelah dihargai sangat tinggi oleh rumah lelang Sotheby's. Cincin tersebut ternyata bertahtakan batu berlian dan memiliki nilai hingga 350 ribu pound sterling atau setara Rp 6 miliar.

Melansir Itv.com, Selasa (23/5/2017), sang pemilik cincin tak pernah menyangka bahwa perhiasan yang dimilikinya tersebut merupakan barang mewah. Dia justru yakin bahwa batu dengan "ukuran tak lazim" ini merupakan perhiasan kostum saat membelinya di West Middlesex Hospital di Isleworth, London barat, pada 1980-an.

Berlian yang menghiasi cincin tersebut ternyata memiliki nilai 26 karat dan berasal dari abad ke-19. Batu berlian ini akan dilego di rumah lelang Sotheby's pada Juli mendatang.

Berlian ini akan dilelang bulan Juli mendatang

Perwakilan Sotheby's Jessica Wyndham mengatakan, sang pemilik memakainya untuk berbelanja, dan juga kegiatan sehari-hari.

"Mereka pergi ke banyak tempat penjualan barang bekas selama bertahun-tahun. Namun mereka tidak pernah mengumpulkan barang-barang antik dan mereka tidak punya pengalaman mengumpulkan berlian. Ini adalah rezeki yang tak diduga, penemuan yang menakjubkan," tuturnya.

Lebih lanjut Wyndham menjelaskan, sang pemilik baru menyerahkan cincin tersebut kepada rumah lelang setelah diberi tahu cincin miliknya bisa memiliki nilai yang tinggi. Potongan berlian yang kuno dan agak kusam membuat sang pemilik tidak pernah menyangka bahwa cincinnya merupakan barang asli.

"Kami sudah melihatnya dan mengujinya di Gemological Institute of America. Kebanyakan dari kita bahkan tidak bermimpi untuk memiliki berlian sebesar itu," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.