Sukses

Pelindo III Siapkan Bus Gratis untuk Pemudik dari 2 Pelabuhan Ini

Pelindo III kembali menggelar kegiatan mudik gratis bagi para penumpang kapal laut.

Liputan6.com, Jakarta Pelindo III kembali menggelar kegiatan mudik gratis bagi para penumpang kapal laut. Program tersebut kembali diadakan setelah sukses diselenggarakan pada tahun sebelumnya.

Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat mengatakan, sedikitnya 7 ribu penumpang kapal laut dari Pulau Kalimantan yang berangkat dari Pelabuhan Kumai, Sampit, Pontianak dan Balikpapan serta Makassar dengan tujuan akhir Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Emas Semarang akan diantar langsung oleh Pelindo III menuju beberapa kota tujuan di Pulau Jawa melalui program ini.

Setelah menyeberangkan penumpang, Pelindo III akan menyediakan bus gratis di dua lokasi pelabuhan, yaitu Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur dan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah.

"Bus gratis tersebut tersedia selama tujuh hari berturut-turut sejak H-7 hingga H-1 sebelum Hari Raya Idul Fitri 1437 H atau mulai tanggal 18 Juni hingga 24 Juni 2017," kata Faruq, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Senior Manager Pelayanan Kapal dan Terminal Pelindo III, Bambang Hasbullah menyebut ada enam rute dari ‎Tanjung Perak Surabaya ke berbagai kota di wilayah Jawa Timur. Yakni di antaranya Pasuruan - Probolinggo – Lumajang – Jember sebanyak 18 perjalanan, Mojokerto – Jombang – Nganjuk – Madiun, sebanyak 21 perjalanan, Kediri – Tulungagung – Trenggalek sebanyak 22 perjalanan, Lamongan – Bojonegoro – Cepu sebanyak 9 perjalanan, Surabaya – Pare – Blitar sebanyak 5 perjalanan, dengan estimasi peserta mudik gratis yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Perak adalah sebanyak 4.200 penumpang.

Selanjutnya, untuk rute dari Tanjung Emas Semarang juga akan melayani enam rute menuju kota di Provinsi Jawa Tengah, antara lain Solo – Yogyakarta sebanyak 14 perjalanan, Demak – Kudus – Pati sebanyak 11 perjalanan, Temanggung – Parakan – Wonosobo sebanyak 8 perjalanan, Magelang – Jogja – Purworejo sebanyak 11 perjalanan, Kendal – Pekalongan – Pemalang sebanyak 7 perjalanan. Dengan estimasi peserta mudik gratis yang diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Emas adalah sebanyak 2.900 penumpang.

"Sehingga perkiraan total jumlah penumpang yang dibiayai oleh Pelindo III dalam mudik gratis tahun ini sejumlah kurang lebih 7.100 penumpang," ucap Bambang.

Untuk menjadi peserta mudik gratis Pelindo III, pemudik dapat mendaftarkan diri secara langsung di pelabuhan kedatangan pada loket pelayanan mudik gratis dengan menunjukkan tiket kapal dan bukti identitas diri.

Seluruh peserta mudik gratis Pelindo III juga dilindungi asuransi yang ditanggung sepenuhnya oleh Pelindo III, dan calon penumpang mudik gratis tersebut akan mendapatkan berbagai fasilitas seperti kaos mudik, konsumsi snack, serta bus yang dipakai dilengkapi fasilitas AC dan reclining seat,” imbuh Bambang.

Program yang diprakarsai dan didanai sepenuhnya oleh Pelindo III tersebut dalam pelaksanaannya bersinergi dengan BUMN lain yaitu PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) sebagai operator kapal penumpang dan Perum Damri untuk penyediaan armada bus.

“Program Mudik Gratis Bareng Pelindo III ini bertujuan untuk memudahkan para penumpang kapal laut yang selanjutnya melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi darat hingga sampai kota tujuan,” tutup‎ Bamban‎g.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.