Sukses

Ganti Sistem Sinyal, KA Jarak Jauh dan KRL Bakal Telat Rabu Nanti

Penggunaan sistem persinyalan baru ini sudah harus segera dilakukan agar perjalanan kereta api di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta lancar.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) ‎akan melakukan pergantian sistem persinyalan di lintas Cakung sampai dengan Cikarang. Pergantian sistem tersebut dilakukan Rabu dini hari nanti.

Senior Manajer Humas DAOP 1 Jakarta Suprapto menjelaskan, pergantian sistem persinyalan tersebut dilakukan demi meningkatkan pelayanan demi menghadapi arus mudik Lebaran 2017.

Terkait hal tersebut, pada hari Rabu, 7 Juni 2017 mulai pukul 00.00 WIB sampai dengan 04.00 WIB akan dilaksanakan pekerjaan perubahan (switch over) Sistem Persinyalan dari sistem Solid State Interlocking (SSI) yang sudah bertugas dari tahun 1994 ke Sistem Persinyalan Kyosan K5B buatan Jepang di wilayah Stasiun Cakung, Stasiun Bekasi, Stasiun Tambun, Stasiun Cikarang dan petak blok di antara stasiun-stasiun tersebut.

"Terkait kegiatan perubahan sistem persinyalan dari Stasiun Cakung hingga Cikarang ini, kami mohon maaf apabila perjalanan kereta api baik untuk kereta api Jarak Jauh, Menengah serta Lokal dan KRL khusus pada pagi hari yang melintas di antara Stasiun Cakung hingga Cikarang di tanggal 7 Juni 2017 mengalami keterlambatan, terutama pada perjalanan pagi hari, sebagai dampak dari pekerjaan perubahan persinyalan ini," kata Suprapto, Senin (5/6/2017).

Diharapkan perubahan sistem persinyalan ini bisa semakin meningkatkan keselamatan dan kelancaran perjalanan kereta api yang melintas di wilayah Stasiun Cakung hingga Stasiun Cikarang.

Suprapto menjelaskan, banyak keunggulan dari penggunaan sistem persinyalan baru ini, diantaranya menambah kelancaran perjalanan kereta api sekaligus dapat menambah beban kapasitas lintas, dan bisa semakin menjamin dalam segi keamanan alat-alat persinyalan yang penempatan modulnya bisa bersatu dalam suatu bangunan gedung.

Di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta sendiri terdapat tujuh jenis sistem persinyalan, di antaranya SSI Westinghouse Inggris, SSI Alstom Australia, SSI GEC Alstom Perancis, VPI DBRI Inggris, Mekanik S&H, dan PLC Mc Allister (Vialis Belanda).

Penggunaan sistem persinyalan baru ini sudah harus segera dilakukan agar perjalanan kereta api di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta yang berjumlah total 1.229 per hari agar bisa semakin lancar dan tepat waktu.

Sebanyak 1.229 perjalanan kereta api ini terdiri dari 118 KA Jarak jauh atau menengah, 28 KA lokal, 58 KA Barang, 945 perjalanan KRL dan direncanakan 80 perjalanan bagi KA Bandara.

"Kami mengimbau kepada para pengguna jasa kereta api pada tanggal 7 Juni 2017 yang perjalanan kereta apinya melintas di wilayah Stasiun hingga Stasiun Cikarang, agar bisa menyesuaikan jadwal kegiatannya dengan hal ini, " ujar dia.

Manajemen KAI berharap pekerjaan perubahan sistem persinyalan dari Stasiun Cakung hingga Stasiun Cikarang bisa berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, sehingga perjalanan kereta api yang melintas di wilayah ini tidak terganggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.