Sukses

Layani Penukaran Uang Tunai Lebaran, BI Kalteng Gandeng 18 Bank

Dana yang dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang masyarakat di Kalimantan Tengah mencapai Rp 2,9 triliun.

Liputan6.com, Jakarta Bank Indonesia Perwakilan Kalteng menggandeng 18 bank yang beroperasi di wilayahnya untuk melayani kebutuhan uang tunai masyarakat selama Ramadan dan menjelang Lebaran.

Adapun dana yang dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang masyarakat di Kalimantan Tengah mencapai Rp 2,9 triliun.

"Ke-18 bank itu akan melayani penukaran uang kepada masyarakat baik nasabah maupun non nasabah," ujar Kepala Perwakilan BI Kalteng Wuryanto, seperti dikutip Selasa (6/6/2017).

Penukaran uang ini berlangsung setiap hari tanpa dipungut biaya. BI akan mendukung kegiatan penukaran dengan menyediakan pasokan uang baru dan pecahan yang diminta perbankan.

Dia menuturkan, dari total dana Rp 2,9 triliun itu terbagi dalam dua tahap. Pada bulan Mei dana yang disediakan Rp 980 miliar dan untuk bulan Juni Rp 1,9 triliun. Hingga kini, dana yang tersimpan di BI Kalteng saat ini mencapai Rp 4,1 triliun.

Tak hanya perbankan, BI tetap akan membuka outlet penukaran uang di lokasi yanng ditentukan. "Kami juga akan buka di kas keliling.yang dianggap banyak masyarakat nya," dia menandaskan. (Rajana K)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.