Sukses

Jangan Khawatir Kehabisan Tiket Mudik, Ada Tambahan 6 Kereta Baru

Kereta Api Indonesia menyediakan enam rangkaian kereta api baru pada mudik Lebaran 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan bahwa PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan menyediakan kereta api baru yang akan melayani masyarakat pada musim mudik Lebaran 2017. Dengan adanya kereta baru ini maka akan ada tambahan 3.840 kursi buat para pemudik.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Prasetyo Boeditjahjono mengatakan, Kereta Api Indonesia menyediakan enam rangkaian kereta api baru pada mudik Lebaran 2017. Satu rangkaian kereta ada delapan gerbong yang menyediakan 640 tempat duduk.

Dengan beroperasinya enam kereta api baru tersebut maka akan ada tambahan 3.840 tempat duduk. "Jadi 8 gerbong dalam satu rangkaian isinya 640 tempat duduk," kata Prasetyo, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Oleh karena itu, Prasetyo meminta kepada masyarakat yang belum mendapat tiket kereta api untuk mudik tidak perlu khawatir. Alasannya, masih tersedia 3.840 kursi setiap hari untuk musim mudik. 

Kereta Api Indonesia menyatakan akan mengoperasikan enam rangkaian kereta api baru tersebut secara serentak. Pengoperasian kereta api baru itu mulai 10 hari sebelum Lebaran atau H-10.

"Waktu angkutan Lebaran mulai pertama H-10 sudah siap. Enam rangkaian sekaligus akan beroperasi menambah rangkaian yang sudah beroperasi selama ini. Tenang saja jadi yang tidak kebagian tiket masih ada," ungkap dia.

Sejauh ini, tiga rangkaian sudah siap operasi. Satu unit sedang dalam proses pengujian operasi, dan 2 unit akan selesai pekan depan.

"Ada enam rangkaian kereta api, yang sudah siap tiga rangkaian. Rangkaian keempat sedangkan proses pengujian. Rangkaian kelima dan keenam akan selesai minggu depan," tutup Prasetyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.