Sukses

Dorong Usaha Kecil, IFC Beri Pinjaman ke BTPN Senilai Rp 1,3 T

BTPN adalah mitra strategis IFC untuk mengurangi kesenjangan akses keuangan yang dihadapi para pengusaha kecil.

Liputan6.com, Jakarta - International Finance Corporation (IFC) memberikan fasilitas pendanaan kepada PT Bank Tabungan Pensiunan Nasiona Tbk (BTPN) senilai US$ 100 juta atau Rp 1,33 triliun (estimasi kurs 13.337 per dolar AS). Pendanaan tersebut untuk mendukung penyaluran pnjaman BTPN ke sektor Usaha kecil dan menengah (UKM).

Direktur BTPN menjelaskan Arief Harris Tandjung menjelaskan, kerja sama antara IFC dengan BTPN sudah terjalin sejak 2009. Kerja sama keduanya mampu memperluas akses keuangan di Indonesia. Saat ini hanya 39 persen dari orang dewasa Indonesia yang memiliki akses keuangan.

“Bersama IFC, kami dapat menyediakan akses keuangan yang lebih terjangkau untuk orang Indonesia, dan juga memperluas kegiatan yang dapat memberikan fasilitas lebih baik bagi pelanggan, serta memberikan keuntungan lebih bagi nasabah," jelas dia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (23/6/2017).

Pembiayaan ini akan membantu BTPN meningkatkan kualitas produk dan layanan perbankan serta memperluas akses keuangan bagi segmen masyarakat kurang mampu di Indonesia, termasuk di dalamnya pengusaha UMKM dan pengusaha perempuan.

Tidak hanya itu, pembiayaan ini juga bertujuan meningkatkan kapasitas dan membuka wacana mereka melalui pelatihan, serta memberi kesempatan pada mereka untuk memperluas jaringan. Dengan demikian BTPN akan mampu mempertahankan nasabah.

“BTPN adalah mitra strategis kami untuk mengurangi kesenjangan akses keuangan yang dihadapi para pengusaha kecil, pengusaha perempuan, UKM dan masyarakat kurang mampu di Indonesia,” ungkap Country Manager untuk IFC Indonesia dan Malaysia Azam Khan.

”Akses keuangan yang lebih luas terhadap pelayanan perbankan, diharapkan dapat mengurangi kemiskinan dan pemerataan kesejahteraan yang lebih luas di masyarakat.” lanjut dia. 

Pendanaan mikro merupakan hal penting dalam upaya memerangi kemiskinan. Akses kepada berbagai jasa pendanaan mikro seperti tabungan, pinjaman dan pemindahan uang memberikan kesempatan bagi keluarga miskin untuk berinvestasi ke dalam badan usaha dan menyediakan nutrisi yang lebih baik, memperbaiki kondisi kehidupan, dan kesehatan serta pendidikan bagi anak-anak mereka.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.