Sukses

Sering Liburan ajak Keluarga, Ini Biaya yang Dihabiskan Obama

Menyandang status sebagai keluarga nomor satu di Amerika Serikat membuat Obama mengeluarkan biaya tak sedikit untuk liburan.

Liputan6.com, Jakarta - Sama seperti orang-orang pada umumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) ke-44 Barack Obama juga sering mengajak keluarganya untuk berlibur. Bersama dengan istri, Michelle serta kedua anaknya Sasha dan Malia, keluarga Obama bepergian ke berbagai tempat di dunia mulai dari Hawaii, Karibia hingga Bali.

Namun karena menyandang sebagai orang nomor satu di Amerika Serikat, keluarga ini tentu memerlukan pengamanan khusus serta penanganan yang baik selama bepergian. Inilah yang akhirnya membuat liburan Obama memakan biaya tak sedikit.

Dikutip dari theblaze.com, Selasa (27/6/2017), selama delapan tahun kepemimpinan Obama sebagai presiden AS, keluarga ini telah menghabiskan lebih dari US$ 10 juta atau Rp 133 miliar (estimasi kurs 13.315 per dolar AS) untuk berlibur dalam setahun. Apabila digabungkan total biaya liburan Obama selama menjabat sebagai presiden adalah US$ 85 juta atau setara Rp 1,13 triliun.

Angka tersebut diungkap oleh kelompok pengawas Judicial Watch. Organisasi tersebut telah melacak pengeluaran perjalanan presiden selama beberapa tahun belakangan. Dalam liburan Barack Obama ke Hawaii pada tahun 2015, keluarga Obama menghabiskan hampir US$ 5 juta atau Rp 66,6 miliar.

Biaya yang besar ini datang dari biaya pengamanan, penerbangan, transportasi hingga kebutuhan sepanjang perjalanan. Jumlah uang tersebut bahkan belum termasuk biaya perbaikan pesawat dan biaya komunikasi yang diperlukan untuk melindungi presiden dan keluarga.

Obama dan keluarganya kini sedang mengunjungi Indonesia untuk berlibur di Bali dan mendatangi beberapa kota lain seperti Jogjakarta dan Jakarta.

Dalam liburannya ini, selain mengajak keluarga inti, Barack Obama juga mengajak saudari tirinya, yakni Maya Soetoro dan keluarganya serta beberapa orang pengawal dengan total keseluruhan penumpang mencapai 14 orang.

Obama mendarat di Bandara Ngurah Rai, Bali, sekitar pukul 17.55, pada Jumat (23/6) dengan menggunakan Western Air Charter Inc DBA Jet Edge Gulfstream G-V N50JE. Presiden ke-44 Amerika Serikat itu kemudian langsung meluncur ke Ubud, Gianyar, untuk menginap di hotel Four Seasons Bali.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.