Sukses

Tol Darurat Gringsing-Batang Dibuka Saat Arus Balik

Jasamarga Semarang Batang akan berkoordinasi dengan Kepolisian untuk pengaturan buka tutup serta akses masuk jalan tol darurat.

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga Tbk  melalui anak usahanya PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) menyiapkan tol darurat mulai dari Gringsing-Batang sepanjang 36 kilometer (km) untuk menghadapi arus balik. Pembukaan jalan darurat ini diharapkan bisa membuat arus balik ke Jakarta berjalan dengan lancar.

Berdasarkan keterangan tertulis Jasa Marga, Rabu (28/6/2017), pada saat arus mudik jalan tol darurat Brebes-Gringsing diberlakukan satu arah menuju timur, arus balik jalan tol darurat akan dibuka satu arah menuju barat.

Titik yang semula merupakan akses keluar saat arus mudik, akan menjadi akses masuk saat arus balik. Pemudik yang hendak kembali ke Jakarta bisa melalui akses masuk Gringsing, Tulis atau Kandeman.

Nantinya JSB akan berkoordinasi dengan Kepolisian untuk pengaturan buka tutup serta akses masuk jalan tol darurat.

JSB juga tengah menyiapkan jalan tol darurat dengan memastikan perambuan, penataan tolo-tolo, dan penyiraman jalan tol darurat secara berkala untuk pembersihan debu.

"Sepanjang arus mudik hingga tanggal 27 Juni 2017, tercatat 13 ribu kendaraan memanfaatkan jalan tol darurat Batang-Gringsing," kata Humas JSB  Iwan Abrianto.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk dapat mengatur jadwal perjalanan balik menuju Jakarta.

"Kami berharap partisipasi aktif dari pengguna jalan tol untuk dapat kembali ke Jakarta sebelum tanggal 29 Juni, " ujar AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru.

Hal tersebut mempertimbangkan masa berlakunya pembatasan kendaraan berat yang akan berakhir pada tanggal 29 Juni. Imbauan untuk mengatur jadwal perjalanan balik ke Jakarta dengan harapan lalu lintas balik dapat terdistribusi dengan baik.

Simak video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.