Sukses

Sri Mulyani Tak Menyesal Pulang Kampung ke RI

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani, setelah melewati krisis keuangan Asia pada 1997-1998, Indonesia saat ini dalam situasi lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengaku, meninggalkan Amerika Serikat (AS) dan pulang ke Indonesia merupakan keputusan tepat. Alasannya, karena ingin mewujudkan cita-cita negara ini untuk menyejahterakan rakyat Indonesia, mengurangi kemiskinan dan kesenjangan.

"Kembali ke Indonesia adalah suatu kehormatan untuk melakukan tugas yang sama 10 tahun lalu," ujar Sri Mulyani di acara Kongres Diaspora Indonesia ke-4 di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (1/7/2017).

Sebelum menjabat lagi sebagai Menkeu, Sri Mulyani menduduki kursi Direktur Pelaksana Bank Dunia periode Juni 2010-2016. Selama periode tersebut, wanita kelahiran 26 Agustus 1962 itu menetap di AS.

Lebih jauh Sri Mulyani menerangkan, setelah melewati krisis keuangan Asia pada 1997-1998, Indonesia saat ini dalam situasi lebih baik. Pemerintah mampu mengumpulkan penerimaan perpajakan hingga Rp 1.750 triliun, kemudian membelanjakannya sekitar Rp 400 triliun untuk pendidikan, dan investasi di kesehatan dengan alokasi anggaran Rp 105 triliun.

"Walaupun belum memuaskan, tapi ini komitmen kita membangun fondasi dengan benar, terutama di sumber daya manusia untuk mendorong Indonesia menjadi negara maju," ia menerangkan.

Saat ini, Sri Mulyani menegaskan, Indonesia setiap hari berjuang melawan korupsi, membangun fondasi tata kelola yang baik, sehingga kualitas sumber daya manusia lebih bagus. Menurutnya, ini bukanlah perjuangan dari Presiden dan Menteri saja, tapi juga seluruh rakyat Indonesia.

Ia mengapresiasi peran rakyat Indonesia ketika pelaksanaan program pengampunan pajak (tax amnesty). Contohnya, ada masyarakat atau Wajib Pajak (WP) yang ikut berpartisipasi mendeklarasikan gitar dalam program tax amnesty. Sri Mulyani menilai, hal itu merupakan kejujuran yang membuat hatinya tersentuh.

"Saya kembali Juli tahun lalu, dan Juli ini tepat 12 bulan saya di Indonesia. Saya bertanya apakah keputusan saya kembali ini tepat, dan saya katakan keputusan ini tepat dan yang terbaik," tukas Sri Mulyani.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.