Sukses

8 Negara dengan Rasio Utang Terbesar di Dunia

Survei ini berdasarkan Factbook tahunan CIA yang memperlihatkan angka rasio utang terhadap PDB sebuah negara.

Liputan6.com, New York - Hampir semua negara di dunia memiliki utang dengan rasio utang terhadap produk domestik bruto (PDB) yang berbeda-beda. Data yang dirilis berdasarkan Factbook tahunan CIA memperlihatkan kumpulan statistik yang sangat lengkap dari seluruh dunia, mencakup angka rasio utang terhadap PDB sebuah negara.

Survei tersebut melihat tingkat utang pemerintah bruto sebagai persentase dari PDB yang dapat menunjukkan seberapa mampu suatu negara untuk membayar kembali utang tanpa menimbulkan utang lebih lanjut.

Berikut daftar delapan negara dengan rasio utang terbesar di dunia melansir Business Insider, Rabu (5/7/2016):

8. Tanjung Verde
Presentase utang terhadap PDB: 116,8 persen

Negara kepulauan yang penduduknya berbahasa Portugis ini memiliki jumlah utang yang tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir. Rasio utang terhadap PDB melonjak dari 70 persen pada 2010

7. Eritrea
Presentase utang terhadap PDB: 119,8 persen

Eritrea menderita defisit fiskal kronis sejak tahun 1998. Catatan Bank Dunia juga menambahkan hal ini telah menyebabkan beban utang publik yang semakin tidak terkendali.

6. Portugal
Presentase utang terhadap PDB: 126,2 persen

Portugal berhasil keluar dari program bailout pada 2014. Namun, negara ini masih berusaha pulih dari dampak krisis utang Uni Eropa.

Simak video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Italia

 

5. Jamaika
Presentase utang terhadap PDB: 130,1 persen

Negara di kepulauan Karibia ini adalah salah satu negara yang paling banyak berutang di dunia setelah puluhan tahun melakukan peminjaman dari IMF.

Negara sering menerima pinjaman untuk membantu pembayaran utang, tetapi tidak juga menyelesaikan masalahnya.

4. Italia
Presentase utang terhadap PDB: 132,5 persen

Italia adalah negara dengan rasio utang kedua terbesar di Uni Eropa. Sistem keuangan negara ini sedang kacau, dengan dua bank yang terpaksa diselamatkan dalam beberapa bulan terakhir.

3. Lebanon
Presentase utang terhadap PDB: 132,5 persen

Sektor pariwisata menjadi salah satu andalan Lebanon untuk mencetak pundi-pundi uang. Perang melawan Suriah dan gejolak politik dalam negeri telah menyebabkan kurangnya pendapatan negara tersebut.

3 dari 3 halaman

Yunani

2. Yunani
Presentase utang terhadap PDB: 181,6 persen

Negara ini terus menderita sejak krisis utang melanda pada 2010. Yunani juga masih berjuang untuk melakukan pembayaran utang setelah diselamatkan secara terus menerus oleh kreditor internasional

1. Jepang
Presentase utang terhadap PDB: 243,2 persen

Ekonomi Jepang mengalami tantangan besar karena populasinya yang didominasi dengan usia tua. Alhasil, pertumbuhan ekonomi pun melambat secara drastis dalam beberapa tahun terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.