Sukses

BNI Siapkan Pembiayaan untuk RNI Senilai Rp 1,3 Triliun

BNI siap memberikan solusi keuangan perbankan yang menyeluruh dari hulu sampai hilir untuk RNI Group di seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) (RNI) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) kembali bersinergi. Kali ini BNI akan menyediakan kartu identitas bagi pegawai RNI. Kartu tersebut juga bisa digunakan sebagai uang elektronik. Selain itu, dalam kerja sama ini BNI juga menyiapkan pembiayaan bagi RNI senilai Rp 1,3 triliun. 

Direktur Hubungan Kelembagaan  dan Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati menjelaskan, BNI dengan RNI telah menjalin kerja sama sejak lama. Kerja sama antara BNI dengan RNI telah berjalan secara berkesinambungan dan saling menguntungkan.

“Kerja sama yang masih bisa dimaksimalkan antara BNI dengan RNI antara lain supply chain financing, garansi bank, hingga transaksi ekspor dan impor.” Kata Adi dalam keterangan tertulis, Kamis (20/7/2017). 

Dalam kerja sama kali ini BNI akan menyediakan kartu identitas BUMN bagi seluruh pegawai RNI. kartu identitas kepegawaian kartu ini juga dapat berfungsi sebagai uang elektronik pengganti uang tunai. ID Kepegawaian RNI ini telah terintegrasi dengan sistem perbankan BNI, mendukung proses transaksi untuk pembayaran sarana transportasi seperti Trans Jakarta, KRL, Gerbang Tol Otomatis,serta uang elektronik BNI.

Selain itu, Adi menambahkan, BNI siap memberikan solusi keuangan perbankan yang menyeluruh dari hulu sampai hilir untuk RNI Group di seluruh Indonesia.

Dukungan BNI terhadap RNI tersebut merupakan salah satu langkah yang dilakukan untuk turut meningkatkan ketahanan pangan nasional, seperti yang tengah dilaksanakan pemerintah. Dukungan BNI tersebut termasuk dalam bentuk penyaluran pembiayaan pada Kelompok Usaha RNI. Saat ini, BNI menyiapkan pembiayaan untuk RNI senilai Rp 1,3 triliun.

Sementara itu, Direktur Utama RNI Didik Prasetyo mengatakan bahwa kerja sama RNI dan BNI ini merupakan wujud nyata dari Sinergi BUMN dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan memperkuat portfolio bisnis keduabelahpihak, terutama dalam bidang finansial, e-Commerce, dan digital platform.

"Selain itu, kerja sama pengelolaan keuangan ini dapat membantu RNI dalam memenuhi kebutuhan layanan keuangan pegawainya," jelas dia. 

Selain itu, Didik mengatakan, hal ini juga sejalan dengan spirit Kementerian BUMN dalam mendorong sinergi BUMN yang mengarah pada upaya digitalisasi BUMN. Oleh karena itu, Ia berharap, setelah diberlakukannya ID baru ini, konektifitas antara karyawan RNI dengan BUMN lainnya akan semakin terbangun melalui beragam fasilitas keuangan dan perbankan yang ditawarkan.

“Digitalisasi yang terintegrasi ini akan mewujudkan efisiensi yang tentunya berdampak positif bagi RNI dan BUMN,” kata Didik.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • RNI adalah singkatan dari PT Rajawali Nusantara Indonesia.

    RNI

  • BNI merupakan Bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) pertama yang menjadi perusahaan publik.

    BNI